Berita

Wakil Bupati Kotabaru Secara Resmi Membuka MTQ Nasional ke 53 Tingkat Kabupaten Kotabaru

Senin, 11 September 2023 15:34 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif,SH membuka secara resmi penyelenggaraan MTQ Nasional ke 53 tingkat Kabupaten Kotabaru di Kecamatan Pulau Laut Sigam, yang berlangsung di Lapangan Siring Laut Kotabaru, Jumat (1/9/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menunjukkan besarnya komitmen bersama mensukseskan penyelenggaraan MTQ Nasional ke 53 Tingkat Kabupaten Kotabaru, di Kecamatan Pulau Laut Sigam.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah dari 22 Kecamatan yang telah siap berkompetisi untuk menjadi Qori-Qoriah Hafidz dan Hafidzah, cendekiawan terbaik tingkat Kabupaten. Untuk selanjutnya mewakili Kabupaten Kotabaru di tingkat yang lebih tinggi,” ungkap Wakil Bupati Kotabaru.

Rudi menjelaskan, melalui penyelenggaran MTQ ke-53 ini diharapkan, dapat menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk mempelajari Al-qur’an, juga sebagai momentum untuk menanamkan nilai-nilai Al-qur’an kepada masyarakat.

Wabup berharap, melalui MTQ ini dapat dijadikan sebagai ruang dan media dakwah serta syiar keagamaan yang efektif, menjadi daya dorong dalam memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Kotabaru,

“Kepada segenap kafilah MTQ, saya mengucapkan selamat berkompetensi, tunjukkan segenap kemampuan saudara semaksimal mungkin, sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan. Mari jadikan kompetensi ini sebagai salah satu jalan untuk menggapai Ridho Allah SWT,” tandas Wakil Bupati Kotabaru.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag dalam sambutannya mengatakan MTQ merupakan wujud nyata dari upaya kita untuk menjaga, memahami, dan mengamalkan ajaran suci Al-Quran. Kegiatan ini bukan saja merupakan ajang perlombaan, tetapi juga momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah melalui bacaan dan penghayatan Al-Quran.

“ Semoga melalui MTQ ini, kita dapat memperkokoh iman, meningkatkan pemahaman terhadap isi Al-Quran, dan menebarkan nilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat” Ucapnya.

Sebelumnya pada sambutan Ketua LPTQ Kabupaten Kotabaru sekaligus Sekretaris Daerah Kotabaru Drs.H.Said Akhmad menjelaskan bahwa kegiatan MTQ ke 53 diikuti sebanyak 480 peserta yang terdiri dari 16 cabang, yaitu Tilawah Dewasa, Tilawah Remaja, Tilawah Anak-Anak, Qirat Sab’ah, Tartil Qur’an, Tahfizh Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Khatil Qur’an.

Ia menambahkan, penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten ini sebagai upaya membangun kecintaan terhadap Al-qur’an di tengah era globalisasi dan keterbukaan informasi seperti sekarang ini.

“Harapan kami, kegiatan ini tidak hanya sekedar ajang musabaqah atau perlombaan semata. Melainkan lebih sebagai upaya membangun kecintaan kita sebagai umat Islam terhadap Al-qur’an untuk selalu mengamalkan ajaran-ajaran Al-qur’an,” ungkap Sekda Kotabaru.

Rangkaian Pembukaan MTQ ini dimulai dengan defile kafilah peserta lomba, dan penampilan tarian kolosal. Serta Penayangan Selayang Pandang Kecamatan Pulau Laut Sigam dengan gemerlap lampu yang terlihat megah dan pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati Kotabaru, Ketua Panitia, Ketua LPTQ Kotabaru dan Kepala Kemenag Kotabaru.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Aan
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -