Berita

Wakil Bupati Kotabaru Kukuhkan Pengurus FKUB Kabupaten Kotabaru Periode 2023 - 2027

Senin, 11 September 2023 11:45 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Wakil Bupati Kotabaru H.Andi Rudi Latif, SH secara resmi mengukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kotabaru periode 2023 – 2027, Kamis (31/08/23) di Operation Room Setda Kotabaru.

Bupati Kotabaru dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Kotabaru H. Andi Rudi Latif, SH mengucapkan selamat kepada pengurus FKUB yang telah dikukuhkan dan bersedia untuk menjalankan tugas dalam periode 2023-2027.

“ Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru, saya ucapkan selamat kepada pengurus FKUB Kabupaten Kotabaru, saya berharap agar FKUB dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya”, Katanya.

Ia memberitahukan dengan terpilihnya kepengurusan baru ini juga merupakan amanah dari pemerintah dan berbagai tokoh agama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Kotabaru, terlebih didaerah kita merupakan masyarakat yang hetegon serta kondisi kerukunan umat beragama yang kondusif.

Bupati juga berpesan agar FKUB mampu menjaga menjaga keberagamaan penganut agama dapat hidup dengan tentram, aman dan harmonis.

“ FKUB hadir ditengah masyarakat dalam membina umat beragama baik di intern maupun di eksternal pada masing-masing agama”, Ucapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan Kementerian Agama berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya yang bertujuan membangun harmoni dan perdamaian di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang beragam. Kerukunan antarumat beragama adalah salah satu fondasi penting bagi negara kita yang menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Kita adalah bangsa yang beragam dalam keyakinan, namun satu dalam semangat persatuan.

FKUB adalah wadah yang istimewa di mana perwakilan dari berbagai agama dan kepercayaan dapat berkumpul, berdialog, dan berkolaborasi untuk mempromosikan toleransi, saling pengertian, dan perdamaian.

“Tugas pengurus FKUB adalah sangat penting, karena mereka menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi dialog antaragama, memecahkan potensi konflik, dan mempromosikan nilai-nilai kebaikan yang ada dalam semua agama” Ungkapnya.

Kamal juga berharap pengurus FKUB yang baru diukuhkan hari ini adalah pemimpin yang memiliki tekad kuat untuk menjalankan tugas-tugas ini dengan penuh dedikasi dan integritas. Kami berharap mereka akan mampu menginspirasi masyarakat untuk hidup berdampingan dalam damai dan harmoni, serta menjadi contoh bagi generasi muda kita.

“ Selamat kepada pengurus FKUB yang baru dilantik, Kemenag siap bersama-sama bekerja keras dalam menjaga keberagaman dan memperkuat persatuan kita sebagai bangsa Indonesia, Mari kita tinggalkan perbedaan dan bersatu dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika, karena bersama kita kuat, dan bersatu kita teguh”, Pungkasnya.

Adapun pengurus FKUB Kabupaten Kotabaru periode 2023 – 2027 masih dikomandai oleh KH.Muchtasa, S.Ag, Wakil Ketua I Abdul Shamad, S.Pd, Wakil Ketua II Alfonsus Soepedi dan Bendahara Anton Situmorang serta pengurus lainnya masih terdiri dari lima agama dan satu orang dari Aliran Kepercayaan Kaharingan, yaitu Sukirman (Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Aan
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -