Berita

Verifikasi Ijazah Bacalon, Kemenag Kotabaru Siap berkolaborasi dengan KPU Kotabaru

Rabu, 31 Juli 2024 15:15 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) H. Akhmad Ismail Fahni menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kotabaru  dalam proses verifikasi dokumen ijazah bagi para Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotabaru Tahun 2024.

Kasubbag TU, H. Ahmad Ismail Fahni, dalam pendapatnya mengatakan bahwa Kemenag memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung proses pemilu yang bersih dan transparan.

“Kami siap membantu KPUD Kotabaru dalam memverifikasi dokumen ijazah yang diajukan oleh para calon. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa pemilu berjalan dengan jujur dan adil,” ujar Fahni.

Ia menegaskan bahwa semua ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga di bawah naungan Kemenag memenuhi standar kualitas pendidikan yang telah ditetapkan sebagai upaya kemenag untuk menjaga kredibilitas pendidikan agama di Indonesia.

“Dengan standar yang telah ditetapkan, semua ijazah yang kami keluarkan dapat dicek keasliannya. Termasuk ijazah bacalon nanti apakah ijazahnya asli atau palsu,” terangnya.

Selain itu bukan hanya verifikasi ijazah bagi bacon saja, Kasubbag TU juga siap memberikan informasi terkat data pemilih bagi para siswa dengan memanfaatkan data Education Management Informasi System (EMIS) Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren serta Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH).

“Ini juga merupakan upaya Kemenag mendukung KPU untuk memastikan setiap warga negara yang telah memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi,” ucapnya.

Selanjutnya Fahni berharap kaloborasi ini dapat mempercepat proses verifikasi dan mengurangi beban administratif yang harus ditangani oleh KPUD. “Dengan adanya dukungan dari Kemenag, diharapkan proses verifikasi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat,” tandasnya.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -