Berita

Verifikasi Berkas, 507 Peserta Maju MTQN ke-54 Tingkat Kabupaten Kotabaru

Senin, 13 Mei 2024 10:30 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Sebanyak 507 peserta MTQ dari 22 Kecamatan se kabupaten Kotabaru lolos verifikasi dan berhak tampil dalam pegelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 54 Tingkat Kabupaten.

Proses verifikasi peserta MTQ tersebut dilakukan tim kerja dan verifikasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Nasional Tingkat Kabupaten Kotabaru bertempat di SDN Tanjung Sungkai Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar, Sabtu (12/05/24).

Sekretaris Umum LPTQ yang juga sebagai Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kotabaru, Bahrinnudin mengatakan, verifikasi data merupakan persyaratan yang wajib harus diikuti setiap peserta yang ingin mengikuti MTQ sebagai keabsahan dalam pelaksanaan MTQ.

“Peserta wajib datang langsung menghadap tim verifikasi, bagi peserta yang dianggap lulus maka dilanjutkan mengambil nomor peserta tampil dicabang yang telah ditentukannya sendiri.” ujarnya.

Lebih lanjut ia katakan dalam proses verifikasi dilakukan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku. Semua peserta diminta untuk menyerahkan kelengkapan berkas data persyaratan seperti surat mandat dari camat, pas foto, fotocopy kartu keluarga dan kartu keluarga serta fotocopy KTP.

“Tujuan verifikasi peserta adalah untuk mencocokkan persyaratan yang telah terlebih dahulu dikirimkan memelalui google form untuk mengetahui identitas calon peserta dengan jelas. Selain itu kami juga meminta untuk memperlihatkan berkas aslinya agar tidak terjadi pemalsuan data,” katanya.

Dirinya juga menyatakan optimis, penyelenggaraan MTQ tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman serta dapat memberikan yang terbaik untuk tingkat MTQN Tingkat Kabupaten Kotabaru.

“Hasil MTQ tingkat kabupaten ini merupakan langkah untuk menuju ke tingkat provinsi dan nasional, Kami akan berikan qori dan qoriah yang terbaik bagi kotabaru yang nanti akan diikutsertakan pada MTQ Nasional nanti,” pungkasnya.

Kasi Bimas Islam menyebutkan, verifikasi yang dilaksanakan pada tahun ini sebanyak 5 cabang dan 11 golongan dari tingkat anak-anak sampai dewasa.

“Hampir semua kafilah kecamatan mengikuti semua cabang yang diperlombakan, peserta ada yang baru pertama kali mengikuti musabaqah dan ada juga yang sudah sering mengikuti,” tandasnya. (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -