Berita

Tutup Bimsik Haji, Ka.Kankemenag Kotabaru Himbau Pratikkan Ilmu Manasik dan Jaga Kesehatan

Jumat, 26 April 2024 15:09 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Setelah berlangsung selama sepuluh hari dari tanggal, kegiatan Bimbingan Manasik (Bimsik) bagi Jemaah Haji (JH) Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 secara resmi ditutup oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal, Kamis, (25/04/24) bertempat Mesjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru.

Dalam sambutannya, Ka.Kankemenag Ktb H. Kamal menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jamaah haji Kotabaru yang telah melaksanakan bimbingan manasik baik yang digelar kantor Kemenag pada tingkat Kabupaten dan maupun KUA pada tingkat Kecamatan.

Dikatakannya bahwa bimbingan manasik sangat penting bagi setiap jamaah haji yang akan berangkat ketanah suci, karena semua ibadah termasuk ibadah haji harus dikerjakan dengan ilmu, tidak sekedar ikut-ikutan.

“Mengikuti bimbingan manasik akan dapat memahami, mengetahui syarat dan rukun, memperbanyak amalan ibadah baik rukun dan sunnah selama di tanah suci,” katanya

Selanjutnya ia mengajak kepada semua peserta Bimsik yang hadir untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT, termasuk kesempatan memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan ibadah haji.

“Ilmu yang telah didapat selama manasik harus di praktikan di tanah suci, sehingga hajinya nanti betul-betul memperoleh haji yang berkualitas dan mendapatkan predikat Haji Mabrur,” ucapnya.

Selain itu Ka.Kankemenag juga mengingatkan seluruh jemaah untuk dapat menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan menghindari kegiatan yang berat-berat

“Karena dalam pelaksanaan ibadah haji ini butuh kekuatan fisik, saya meminta agar para jemaah senantiasa menjaga kesehatan sehingga nantinya dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan menjadi haji yang mabrur,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia yang juga sebagai Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kotabaru, H. Herman Prasetio, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya acara manasik haji ini dengan sukses. Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan acara.

“Terimakasih kepada semua yang sudah membantu jamaah dalam bimbingan manasik haji mandiri ini. Ini adalah ikhtiar kita bersama untuk menyelenggarakan ibadah haji dengan baik,” ucapnya.

Sebanyak 225 orang jamaah haji Kotabaru  telah mengikuti bimbingan Manasik Haji sejak tanggal 16 - 25 April 2024. Kemudian pada tanggal 28 Mei 2024 jemaah Haji akan diberangkatkan menuju Emberkasi Banjarmasin di Banjarbaru dan selanjutnya akan diterbangkan pada tanggal 29 Mei Menuju Jedah. (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -