Berita

Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Kamad Supervisi Guru Mata Pelajaran

Sabtu, 14 Oktober 2023 11:13 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (MTsN 1 Kotabaru) –  Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pembelajaran di MTsN 1 Kotabaru, Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 1 Kotabaru H.Adi Rosadi, S.Ag, MM melaksanakan supervisi guru mata pelajaran tahun pelajaran 2023/2024.

Kamad MTsN 1 Kotabaru H.Adi Rosadi, S.Ag,MM dalam keterangannya disela-sela saat melaksanakan supervisi tersebut mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan ini untuk melihat sejauhmana pelaksanaan pembelajaran di kelas serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan mata pelajaran di tiap bidang studi.

“ Supervisi ini dilaksanakan untuk mengukur mutu pembelajaran yang disampaikan para tenaga pendidik dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswanya”, Katanya, Selasa (10/10/23) di ruang kelas madrasah MTsN 1 Kotabaru.

Pada kesempatan tersebut, Kamad langsung mengamati salah tenaga pendidik yang memberikan mata pembelajaran Bahasa Inggris dengan langsung mengamati bagaimana pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran dan media yang digunakan serta keterlibatan siswa dalam memahami proses pembelajaran.

Ditambahkannya bahwa dalam pelaksanaanya, supervisi mata pelajaran tidak berikan jadwal secara khusus, sehingga kamad menegaskan kepada para guru mata pelajaran untuk selalu mempersiapkan RPP atau modul pembelajaran.

“ supervisi yang dilaksanakan langsung pada saat pembelajaran berlangsung dapat mengetahui kelemahan dan keunggulan dari tenaga pengajar yang sedang mengajar”, Tambahnya.

Selanjutnya Kamad menjelaskan dari hasil pengamatan pembelajaran dapat langsung mengetahui kelemahan dan kekurangan dari tenaga pengajar dalam melaksanakan pembelajaran, tingkat penguasaan materi.

“ Dari hal tersebut selanjutnya di upaya solusi dan pembinaan tindak lanjut sehingga tenaga pengajar dapat mengatasi kekurangan yang ada dan juga mempertahankan keunggulan yang ada”, Ucapnya.

Ia menilai penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan Frika Putri Imasei, S.Pd Guru Bahasa Inggris secara keseluruhan cukup bagus dengan penguasaan materi dan keterlibatan siswa yang sudah bagus dengan respon yang baik dari para siswa.

“ Yang akan kita tingkatkan lagi yaitu penggunaan media pelajaran. Semoga kedepannya semakin dapat ditingkatkan” Pungkasnya.

Sementara itu Guru mata pelajaran Bahasa Inggris Frika menyambut baik supervisi guru mata pelajaran yang dilakukan oleh Kamad. 

“Terima kasih atas penilaian yang telah disampaikan dari arahan hingga saran yang disampaikan, dari hal tersebut saya jadi mengetahui hal apa saja yang perlu saya tingkatkan dan yang perlu saya pertahankan.” Tuturnya.

Editor:
Aan
Kontributor:
Madrasah
Penulis:
Humas MTsN 1
Fotografer:
Humas MTsN 1

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -