Berita

Sambut Tahun Baru Hijriah, Plh. Ka.Kankemenag : Momentum Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Senin, 8 Juli 2024 14:40 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Pergantian tahun baru Islam 1446 Hijriah  Plt. Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Kotabaru H. Akhmad Ismail Fahni mengajak seluruh masyarakat menjadikan momen  1 Muharram sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan perbaikan diri  kearah yang lebih baik lagi dari masa ke masa.

“Tahun Baru Islam adalah waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi diri. Kita harus melihat kembali apa yang telah kita capai, apa yang belum, dan bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang,” ujarnya

Hal tersebut disampaikan Fahni saat menghadiri istighosah bersama dalam rangka menyambut pergantian tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Sabtu (06/07/24) bersama masyarakat Kotabaru di Masjid Agung Husnul Khatimah.

Dikatakannya Tahun Baru Islam berawal dari peristiwa penting dalam sejarah Islam yakni hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hijrah ini menjadi sejarah penting bagi umat Islam dan tonggak baru dalam penyebaran agama Islam.

“Peringatan tahun baru Islam adalah momentum yang tepat untuk  hijrah atau berubah menjadi peribadi yang lebih baik lagi. Karena orang yang beruntung adalah orang yang selalu berupaya untuk memperbaiki kesalahannya dan tidak mengulangi lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, hal terpenting dari peringatan tahun baru Islam adalah dapat menjadikan perubahan tahun itu sebagai sebuah nikmat dari Allah SWT yang wajib setiap hamba syukuri. Karena masih memberikan umur panjang, kesehatan, nikmat Islam, Iman dan lain sebagainya. Rasa syukur harus selalu melekat pada hati setiap manusia dan mewujudkan dalam perbuatan beribadah kepada Allah SWT.

“Ingat kepada Allah SWT itu jangan saat sedang mengalami musibah saja, jangan saat sedang susah namun saat kaya, saat sukses dan kapan pun kita harus selalu ingat. Salah satu nya jangan pernah meninggalkan sholat, jangan pernah meninggalkan sholat,” tegasnya

Selanjutnya Plh. Ka.Kankemenag mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah kepada seluruh masyarakat. Diaktakannya Tahun baru akan membawa keberkahan, kedamaian, dan kemajuan, khususnya di kabupaten Kotabaru.

“Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah. Semoga tahun baru ini membawa berkah, kedamaian, dan kemajuan bagi kita semua. Mari kita sambut tahun baru ini dengan semangat baru dan tekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” pungkasnya

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -