Berita

Rayakan Lebaran Yatim, Kemenag Kotabaru Bagikan 2000 Paket Kepada Anak Yatim dan Difabel

Jumat, 19 Juli 2024 15:24 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru menggelar acara Lebaran Yatim dengan mengusung tema “Berbagi Cinta, Berlimpah Berkah” dalam rangka memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim dan difabel.

Dimomentum peringatan Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim tersebut Kantor Kemenag Kotabaru membagikan 2000 paket lebaran yang tersebar di seluruh Kabupaten Kotabaru. Penyerahan tersebut dilakukan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kemenag Kotabaru secara simbolis kepada 30 anak yatim dan Difabel di Aula Kantor Kemenag Kotabaru, Selasa (16/07/2024).

Kasubbag TU H. Akhmad Ismail Fahni dalam sambutannya menyampaikan, lebaran yatim merupakan wujud kepedulian Kemenag terhadap anak-anak yatim dan difabel dengan harapan semoga santunan ini dapat membantu meringankan beban anak-anak yatim dan membawa kebahagiaan bagi mereka.

Fahni melanjutkan bahwa Lebaran Yatim juga bertujuan untuk meningkatkan penguatan kelembagaan dan ekosistem zakat, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat dan meningkatkan kolaborasi serta sinergitas antara lembaga zakat di Indonesia.

“Kegiatan ini tidak hanya sekedar berbagi kepada anak yatim dan difabe namun juga sekaligus untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa zakat itu sangat berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Lihat anak anak kita hari ini semua senyum bahagia,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kotabaru H. Ahmad Kamal melalui aplikasi Zoom meeting menyampaikan bahwa, lebaran yatim sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan partisipasi umat dalam berzakat, dan bergerak bersama-sama demi memberikan manfaat dan perhatiaan khusus kepada  anak-anak yatim difabel.

“Lebaran yatim salah satu momentum bagi kita semua untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama, khususnya anak-anak yatim dan difabel yang membutuhkan dukungan kita. Semoga dengan kegiatan ini, kita dapat memberikan kebahagiaan dan keberkahan kepada para anak-anak yatim,” ucap Kamal.

Tak lupa Ka.Kankemenag menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajarannya dan unit terkait dalam mensukseskan acara lebaran Anak Yatim ini.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan Lebaran Yatim dimana acara ini banyak sekali mendapat respons positif dari masyarakat terutama orang tua anak yatim yang merasa terbantu dengan santunan yang diberikan,” tandasnya.

Adapun Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Kotabaru H. Akhmad Syarwani menyampaikan bahwa sumber dana santunan yatim berasal dari zakat, infak, sedekah para ASN Kemenag Kotabaru yang telah terhimpun dan juga dari bantuan madrasah, APRI, IPARI serta Ormas Islam. 

Oleh sebab itu, Syarwani mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih giat berzakat, berinfak, dan bersedekah agar dapat membantu lebih banyak anak yatim di masa depan.

“Kami mengajak kepada masyarakat untuk lebih giat berzakat, berinfak dan bersedekah baik pada momen Idul Yatama atau pun pada hari-hari lainnya, sebab membantu sesama pasti akan dicatat sebagai amal kebajikan,” tandas Syarwani

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -