Berita

Rakor Penmad : Kasi Penmad Tegaskan Madrasah Tetap Fokus Jalankan Program Prioritas Menag

Rabu, 28 Pebruari 2024 08:29 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru Bahrunnudin membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Madrasah se Kabupaten Kotabaru, Selasa (27/02/24).

Rakor tersebut diikuti KKRA, KKMI, KKMTs, hingga KKMA, dengan mengambil tema penguaatan Moderasi Beragama Untuk Kepala RA/Madrasah dihelat di MTs Swasta DDI Al Kautsar Desa Karasian Kec. Pulaulaut Kepulauan

Kasi Penmad Bahrinnudin menegaskan bahwa program prioritas keagamaan tahun 2023 adalah tolak ukur keberlanjutan program tersebut dan di awal Tahun 2024 ini menjadi refleksi dalam meningkatkan kinerja khususnya pada pendidikan madrasah Awal tahun ini

“Pelaksanaan program prioritas kementerian agama yang telah kita jalankan di tahun 2023 harus tetap fokus dilanjutkan ditahun 2024. Diantara program prioritas kementerian agama bagi madrasah adalah penguatan moderasi beragama dan transformasi digital,” ujarnya.

Mengenai penguatan moderasi beragama Ia mengingatkan kepada seluruh pendidik pada madrasah harus bisa menjadi role model sikap moderat dan dapat mengintegrasikannya dalam proses pendidikan.

“Guru madrasah haruslah modis, inspiratif dan moderat dalam bersikap terhadap perbedaan dan apa yang ia tampilkan moderat itu menjadi inspirasi bagi peserta didik dan masyarakat. Dengan demikian, maka akan terciptalah kerukunan antar dan intra umat beragama,” ujaranya.

Mengenai tarnsformasi digital, ia menghimbau kepada setiap guru untuk segera beradaptasi dan menyiapkan diri, karena ditengah kemajuan teknologi yang sangat pesat ini harus mampu beradaptasi. Walaupun memang sebelum E-pembelajaran ini telah diterapkan oleh beberapa guru dalam pembelajarannya melalui sarana digital.

“Pemanfaatan digital saat ini tidak hanya diterapkan pada proses belajar mengajar kepada siswa akan tetapi dalam berbagai kegiatan lainnya yang ada di madrasah, seperti rapat, sosialisasi, atau pun gelaran acara-acara madrasah lain, ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin,” tegasnya.

Selain itu Kasi Penmad juga menyampaikan beberapa himbauan kepala seluruh peserta untuk terus melakukan inovasi sebagai bentuk perubahan kearah yang lebih baik seperti meningkatkan pelayanan pendidikan yang meliputi meliputi layanan pembelajaran, keamanan, kesehatan, Bimpen, keuangan, dan kesejahteraan.

Turut berhadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala Madrasah baik Negeri dan Swasta se Kabupaten Kotabaru, Pengawas Madrasah Drs. H. Mahayuddin, dan Hj.Nurhafizah, S.Ag, MM. (Rep: Ulis/Ft:Kahar)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Kahar

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -