Berita

Rakkor Penmad, Kasubbag TU Tekankan Kamad Saling tukar Informasi Majukan Pendidikan Madrasah

Kamis, 29 Agustus 2024 10:20 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru, H. Akhmad Ismail Fahni menekankan pentingnya bertukar informasi terkait kebijakan di dunia pendidikan, terutama dalam konteks meningkatkan kualitas pendidikan agama di Kabupaten Kotabaru.

“Bertukar informasi akan dapat lebih memahami tantangan yang dihadapi di lapangan, serta mendapatkan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak terkait,” ujar Kasubbag TU saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Madrasah se Kabupaten Kotabaru, Rabu (28/08/24) bertempat di MTs Swasta Sabilul Muttaqqin desa Serongga.

Fahni melihat pertukaran informasi madrasah dapat memperoleh akses ke inovasi dalam metode pengajaran, penggunaan teknologi dalam pendidikan, serta pemahaman lebih mendalam tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini memungkinkan madrasah untuk terus memperbarui pendekatan mereka dalam mendidik siswa, sehingga dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.

Selain itu, pertukaran informasi juga membantu dalam meningkatkan kapasitas guru dan tenaga kependidikan di madrasah. Dengan berbagi pelatihan, materi ajar, dan strategi pengajaran yang efektif, guru di madrasah dapat meningkatkan kompetensinya, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada kualitas pembelajaran siswa.

“Pertukaran ini menjadi kesempatan untuk menyamakan persepsi dan mengkoordinasikan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam bidang pendidikan agama,” ungkpanya.

Selanjutnya Fahni mengatakan lewat komunikasi yang efektif dan pertukaran informasi antar berbagai pihak sangat krusial untuk memastikan kebijakan yang diterapkan dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif.

“Diharapkan pertukaran informasi dapat memperkuat sinergi dan kerjasama antara Kemenag dan berbagai instansi terkait, sehingga kebijakan yang dihasilkan lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan di lapangan,” harapnya..

Sementara Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Nur Zazin, mendorong madrasah untuk terus meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidikannya agar dapat mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka dengan baik. Lewat pelatihan dan pendampingan terkait implementasi kurikulum katanya akan menjadi kunci agar para guru dapat memahami dan menerapkan metode pembelajaran dan evaluasi yang sesuai.

“Dengan begitu, para guru diharapkan dapat lebih siap dan kompeten dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional,” ucapnya.

Rakor tersebut dihadiri Kepala Madrasah baik Negeri dan Swasta se Kabupaten Kotabaru, selain itu juga hadir Pengawas Madrasah.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Kahar

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -