Berita

Praktek Manasik Berikan Gambaran Pelaksanaan Ibadah Haji Selama di Tanah Suci

Rabu, 24 April 2024 14:57 WIB
  • Share this on:

Praktek Manasik Memberikan Gambaran Pelaksanaan Ibadah Haji Selama di Tanah Suci

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru, H. Ahmad Kamal mengungkapkan bahwa kegiatan praktik manasik merupakan gambaran riil tentang prosesi pelaksanaan haji dan umrah serta di tanah suci.

“Pelaksanaan praktek manasik haji bertujuan untuk memberikan pemahaman dan gambaran kepada jemaah haji tentang proses ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam,” ujarnya saat memberikan sambutan pada pembukaan praktik manasik lapangan bagi jemaah haji kabupaten Kotabaru, Rabu (24/04/24) bertempat halaman Masjid Agung Husnul Khatimah.

Kamal menjelaskan pelaksanaan praktek dan peragaan manasik haji tersebut, merupakan sebagai lanjutan dan kelengkapan dari teori manasik di dalam ruangan yang telah dilaksanakan selama delan hari.

“Setelah kita menyelesaikan teori maka hari ini kita perlunya contoh secara langsung di lapangan agar jemaah haji dapat lebih memahami bagaimana cara-cara thawaf, sa’i, wukuf di Arafah, dan saat melempar jumrah, serta pelaksanaan wajib, dan rukun haji lainnya,” katanya.

Ka.Kankemenag juga mengungkapkan tujuan dari kegiatan bimbingan manasik haji adalah agar para calon jamaa haji dapat mandiri selama melaksankan ibadah haji di tanah suci.

“Tujuan kegiatan praktek manasik haji ini juga agar para jemaah haji dapat mengerti dan memahami bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah dan dapat mempraktikannya secara langsung di miniatur ka’bah, agar para jamaah dapat mandiri dan tidak kebingungan saat melaksanakan kegiatan ibadah di tanah suci nanti,” ungkapnya.

Selanjutnya Kamal berharap seluruh peserta manasik dapat mengikuti arahan yang disampaikan sehingga para jamaah dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan benar sesuai tuntunan rukun dan wajib haji.

“Usai praktik ini diharapkan Jemaah lebih memahami rangkaian rencana perjalanan ibadah haji mulai dari Asrama Embarkasi, selama berada ditanah suci dan hingga pulang kembali ketanah air,” harapnya.

Kegiatan praktik manasik haji tersebut digelar oleh Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kotabaru diikuti 225 Jemaah Haji tahun 2024 dengan dibagi enam kelompok untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan tersebut. (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -