Berita

Plt Kasi Penmad : REP-MEQR Merupakan Roadmap Pengembangan Madrasah

Selasa, 25 Juni 2024 13:53 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Nurzazin, MA mengungkapkan program Realizing Education's Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) merupakan bagian dari roadmap pengembangan madrasah.

Program REP-MEQR merupakan bagian dari roadmap pengembangan madrasah, dengan tujuan melahirkan generasi emas yang cerdas komprehensif, yaitu generasi yang religius, moralis, saintis, adaptif, produktif, dan memiliki keahlian problem solver”, Katanya, Selasa (25/06/24) diruang kerjanya.

Disampaikannya dalam prosesnya, program REP-MEQR dikelola dalam organisasi manajemen pengendali teknis, yang selanjutnya disebut Provincial Coordinating Unit (PCU) di tingkat provinsi, dan District Coordinating Unit (DCU) di tingkat kabupaten/kota. Proyek ini dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai pada awal tahun 2020 dan akan berakhir pada tahun 2024

“PCU dan DCU menjadi pilar utama dalam mewujudkan tujuan REP-MEQR. Dengan dukungan yang baik dari PCU dan DCU, diharapkan program reformasi ini dapat mencapai hasil yang maksimal dan memberikan dampak positif bagi pendidikan di madrasah”, Ucapnya.

Zazin menjelaskan empat komponen kegiatan REP-MEQR. Pertama, penerapan sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) secara nasional dan pemberian dana bantuan untuk madrasah. Kedua, penerapan sistem penilaian hasil belajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) bagi seluruh peserta didik kelas IV MI secara nasional.

Ketiga, kebijakan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk guru, tenaga kependidikan di madrasah. Keempat, penguatan sistem untuk mendukung pengembangan kualitas.

“ Keempat komponen tersebut saling keterkaitan dan signifikan dalam peningkatan pengembangan mutu dan kualitas pendidikan di madrasah”, Jelasnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Kahar

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -