Berita

Plt Kasi Penmad : KSM Wadah Prestasi Bagi Siswa Madrasah di Bidang Sains dan Teknologi

Jumat, 5 Juli 2024 09:09 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama(Kankemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Zurzazin, MA mengatakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sebagai program pemerintah yang merupakan wadah prestasi dalam bidang sains dan teknologi. Selain itu, ajang tersebut juga dapat memacu semangat dan motivasi siswa untuk terus belajar dan berprestasi.

“ KSM sebagai wadah siswa madrasah dalam mengembangkan kemampuan dalam bidang Pengetahuan dan Teknologi”, Katanya, saat melaksanakan monitoring pelaksanaan KSM 2024 Tingkat Kabupaten Kotabaru, Rabu (03/07/24) di MAN Kotabaru.

Menurutnya menyelenggarakan KSM ini bertujuan untuk memotivasi siswa madrasah dalam mengembangkan kemampuan, kreativitas, dan keterampilan siswa madrasah.

“ Sejak pelaksanaan KSM Tahun kemarin siswa sekolah umum bisa mengikuti kegiatan KSM yang mampu memberikan warna bagi mencetak kader siswa berprestasi dalam KSM ini”, Ucapnya.

Zazin menambahkan bahwa kegiatan KSM ini diikuti sebanyak 211 peserta yang terbagi 2 kategori yaitu peserta perorangan sebanyak 97 siswa dan beregu sebanyak 34 Regu (114 siswa) yang terdiri dari tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah.

Selain itu kegiatan KSM juga diikui oleh siswa sekolah umum, yaitu SMPN 2 Kotabaru yang telah mengirimkan pesertanya sebanyak 45 siswa. Kegiatan KSM tahun ini dilaksanakan secara zoom meeting dengan beberapa titik lokasi yaitu MAN Kotabaru, MTsS Darul Ulum Sukamaju Kecamatan Sampanahan, MTsS Raudhatul Ulum Tanjung Seloka dan MTsS Sabilul Muttaqin Serongga.

“ Adapun bidang studi yang dilombakan pada KSM Tahun ini diantara Bidang  Studi Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seperti Biologi, Fisika, Kimia, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seperti Ekonomi dan Geografi”, Tambahnya.

Selanjutnya ia berharap KSM juga dapat mempromosikan keberadaan madrasah sebagai sebuah institusi pendidikan yang relevan dan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. Melalui kompetisi ini, masyarakat dan pemerintah dapat melihat bahwa didikan di madrasah tidak hanya tentang agama, tetapi juga tentang pembangunan potensi dan keterampilan siswa.

“ Semoga KSM menjadi ajang yang memotivasi siswa madrasah untuk terus belajar dan berkembang serta siswa madrasah dapat menunjukkan keterampilan dan prestasi terbaik mereka”, Pungkasnya.

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -