Berita

Plh. Kepala Kemenag : Rakor Berguna Tingkatkan Kualitas Bagi Guru PAI

Senin, 24 Juni 2024 14:49 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kantor Kementerian Agama kabupaten Kotabaru melalui Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Seksi Papkis) mengadakan Rapat Koordinasi dan Penguatan Moderasi Serta Pembinaan Bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bertempat di SDN 1 Pantai Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan, Senin (24/06/24)

Pada acara ini dihadiri oleh Plh. Kantor Kepala Kemenag Kotabaru H. Akhmad Ismail Fahni, Kasi Pakis dan 35 peserta yang merupakan guru PAI pada tingkatan SD, SMP, SMA yang berada di wilayah Kecamatan Kelumpang Hulu, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kecamatan Kelumpang Selatan dan Kecamatan Hampang.

Pada pembukaan kegiatan, Plh. Kepala Kantor Kemenag Kotabaru menyampaikan pembinaan guru PAI terus dilakukan secara rutin guna memberikan pembaruan dan peningkatan pengetahuan kepada para guru.

“Pembinaan yang selalu dilakukan akan semakin meningkatkan keterpaduan dalam pelaksanaan program kerja Seksi PAI dan kinerja guru dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Agama Islam,” katanya.

Lebih lanjut Fahni sampaikan bahwa kegiatan pembinaan ini juga merupakan upaya untuk memperkuat kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran Agama Islam yang mengedepankan sikap toleransi, saling menghormati, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan yang moderat.

Dimana menurutnya Moderasi Beragama pada Mata Pelajaran Agama Islam dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di Kabupaten Kotabaru. Melalui upaya ini

“Lewat Rakor ini diharapkan guru PAI dapat memberikan pelajaran kepda siswa meneganai pemahaman yang mendalam tentang ajaran agama yang moderat dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Selanjutnya ia berpesan agar guru PAI senantiasa melakukan sinergi dengan meningkatkan kinerja dengan senantiasa secara optimal menjaga mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah.

Sementara itu, Kepala Seksi Pakis Kantor Kementerian Agama Kotabaru Hj. Siti Fatimah mengatakan tujuan diadakanya kegiatan tersebut terkait dengan pembinaan kompetensi pendidik sehingga persoalan yang ada bisa langsung dikoordinasikan.

“Kami dari seksi Papkis akan terus mendukung dan mengadakan kegiatan pembinaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pendidikan Agama Islam yang berkualitas, sehingga dapat membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif dalam masyarak,” tandasnya.

Selama pembinaan guru-guru PAI juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai tantangan dan permasalahan yang mereka hadapi dalam mengajar agama Islam di sekolah. Dalam diskusi ini guru-guru dapat bertukar informasi dan memecahkan masalah secara bersama-sama.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -