Berita

Persiapan Rakerwil 2024, Kakankemenag Sebut Transformasi Kemenag Menuju Indonesia Emas 2045

Jumat, 16 Pebruari 2024 09:52 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru gelar persiapan keberangkatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Tahun 2024 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 21 s/d 24 Februari 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal, S.HI., M.Ag mengungkapkan bahwa Rakerwil 2024 ini merupakan kelanjutan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024.

“Rakernas 2024 yang  mengusung tema Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya dihadapan para kepala seksi dan penyelenggara. Jum’at (16/02/2024) di ruang rapat Kantor Kemenag Kotabaru.

Rakerwil 2024 ini nanti bertujuan untuk mendorong transformasi birokrasi Kementerian Agama yang profesional, akuntabel, dan transparan. “Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja aparatur birokrasi menuju Indonesia Emas Tahun 2045,” ungkapnya.

“Rakewil kali dapat dijadikan sebagai momentum menuju pelayanan Kementerian Agama yang lebih baik serta menjadi forum strategis untuk mengevaluasi sejumlah capaian kinerja 2023. “Bersamaan itu, pengkajian kembali target Kemenag 2024 berikut strategi pencapaiannya juga akan dibahasa dalam forum penting ini,” paparnya.

Rakerwil sangat strategis karena dua alasan. Pertama, tahun ini merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pada saat yang bersamaan, RPJMN 2020 – 2024 juga merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025. RPJMN 2020-2024 akan mempengaruhi pencapaian target pembangunan dalam RPJPN.

“Kita mencitakan Indonesia dengan tingkat kesejahteraan setara dengan negara-negara berpenghasilan menengah atas yang memiliki kondisi infrastruktur, kualitas sumber daya manusia (SDM), layanan publik, serta kesejahteraan rakyat yang lebih baik,” paparnya.

Sebagai kementerian yang bertugas dalam pembangunan di bidang agama, Kemenag mempunyai peran strategis dalam peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan. Hasil kerja keras itu mulai kentara. “Kualitas lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama makin maju dan kompetitif, bahkan menjadi pilihan utama masyarakat,” harapnya.

Perubahan tata kelola di Kementerian Agama menjadi tugas penting yang harus diselesaikan di kemenag. Ini tugas yang tidak mudah, apalagi saya menyadari bahwa waktu yang diberikan tidak banyak.

“Untuk itu, guna mempercepat pelayanan, maka perlu adanya digitalisasi layanan. Digitalisasi semua layanan di Kementerian Agama menjadi pilihan utama guna meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola birokrasi yang lebih baik,” tutupnya. 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -