Berita

Persiapan Haji 2024, Kemenag Kotabaru Gandeng Kantor Imigrasi Gelar Layanan Eazy Passport

Rabu, 1 November 2023 11:37 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M, Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kotabaru berkolaborasi dengan Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin menyelenggarakan layanan Paspor Haji On The Spot (Eazy Passport), Rabu (01/11/23) di Aula KanKemenag Kotabaru.

Kepala Kemenag Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag dalam arahannya mengucapkan terima kepada pihak Imigrasi Kelas II Batulicin yang kembali mempercayakan Kementerian Agama khususnya pada Kemenag Kotabaru untuk pelaksanaan pengurusan paspor bagi jamaah haji tahun 2024.

“ Kegiatan layanan Eazy Passpor ini sangat memudahkan jamaah haji  asal Kotabaru dalam hal kepengurusan paspor dengan tujuan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah di tahun ini”, Katanya.

Menurutnya kegiatan layanan Eazy Passport kepada jamah haji ini merupakan bukti dukungan Imigrasi terhadap penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2024 khususnya dalam hal penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau paspor.

“Semoga pelaksanaan haji tahun ini berjalan dengan lancar dan pelayanan pembuatan paspor bagi jamaah haji terlayani dengan baik dalam proses pembuatan paspor”, Tuturnya.

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kotabaru menjelaskan pembuatan paspor ini adalah kepada jemaah yang masuk estimasi berhak lunas tahun 2024.

“Yang sedang melakukan pembuatan paspor ini adalah jemaah haji yang masuk estimasi berhak lunas tahun 2024, paspor merupakan salah satu dokumen perjalanan ibadah haji, tentu saja dokumen ini wajib dimiliki siapapun yang akan menunaikan ibadah haji,” Jelasnya.

Ia menuturkan bahwa pelayanan pembuatan paspor melalui program Eazy Passport oleh kantor Imigrasi diberikan untuk pembuatan paspor baru, dan penggantian Paspor karena habis masa berlaku namun tidak melayani untuk penggantian paspor karena hilang, rusak, ataupun beda data.

“  Eazy Passport ini dilaksanakan selama 3 hari kerja sejak hari ini s.d tanggal 3 Nopember 2023 dan yang sudah terdaftar sebanyak 118 Jamaah Haji dari jumlah sementara jamah Haji Kotabaru sebanyak 201 jamaah Haji”, Pungkasnya.

Sebelumnya Barry Calvin Analis Keimigrasian Ahli Pertama Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin dalam keterangannya mengatakan bahwa layanan Eazy Passport ini merupakan layanan jemput bola kantor Imigrasi untuk mempermudah para jamaah haji, sehingga tidak perlu datang ke kantor imigrasi untuk mengurus paspor.

“ Kegiatan Layanan ini merupakan inovasi Kantor Imigrasi bersinergi dengan Kementerian Agama dalam mempermudah jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci”, Ujarnya.

Ditambahkannya program Eazy Passport yang merupakan wujud upaya jemput bola bagi pemohon paspor yang ingin menunaikan ibadah haji.

“Kegiatan ini merupakan bentuk imigrasi hadir melayani masyarakat khususnya dalam pelayanan kepada jamaah haji”, Ungkapnya

Calvin memaparkan dengan program Eazy Passport ini jamaah haji tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin untuk mengurus paspor, cukup jamaah haji datang ke kantor Kemenag untuk diambil foto dan data biometriknya.

“ Sebenarnya program yang berlaku secara nasional ini adalah program eazy passport, tetapi program ini kita kemas khusus untuk jamaah haji Kabupaten Kotabaru. Agar lebih mempermudah dan merasakan langsung bagaimana peran imigrasi terhadap pemrosesan haji,” jelasnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -