Berita

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Plh. Kemenag : Ikhtiar Merawat Bumi

Jumat, 21 Juni 2024 15:09 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - “Tanam pohon merupakan bentuk aksi nyata menjaga dan merawat bumi,” ujar Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru saat menghadiri peresmian gedung laboratorium bersamaan peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 di halaman Gedung Laboratorium Lingkungan Kab. Kotabaru, Kamis (13/06/24).

Menurut Plh. Kemenag Kotabaru, pemanasan global dan juga suhu ekstrem telah menjadi masalah dunia, bukan hanya di Indonesia untuk itu diperlukan penghijauan guna mengatasi ekstrem tersebut. 

“Karena itu, alam ini mesti dijaga dan dilestarikan. Ini adalah tugas kita semua. Dan penting sekali untuk anak cucu kita ke depan,” jelasnya.

Selanjutnya ia mengharapkan, kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat betapa pentingnya menjaga dan merawat alam serta menjaga kelestariannya.

“Jika pohon ini dirawat dan tumbuh subur tentu akan menghasilkan buah buahan yang baik sehingga dapat kita nikmati bahkan bisa memberikan nilai ekonomis,” kata Fahni.

Sementara Bupati Kotabaru yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H. Said Akhmad mengajak seluruh pihak, perangkat daerah, masyarakat dan berbagai stakeholder untuk bersama-sama melakukan upaya nyata pelestarian lingkungan hidup.

Dimulai dari langkah-langkah kecil seperti, menanam pohon atau tanaman pekarangan, penggunaan air dan kertas seperlunya, tidak membuang sampah dan melakukan pembakaran, mengurangi penggunaan kemasan plastik atau membawa kantongan belaja sendiri saat berbelanja.

“Saya minta segenal perangkat daerah di lingkup Pemkab untuk memperkuat komitmen dalam melaksanakan pelestarian lingkungan hidup,” pungkasnya.

Peresmian Laboratorium sekaligus puncak Hari Lingkungan Hidup ini dihadiri oleh Sekda Kotabaru, Kapolres Kotabaru, Dandim 1004, Forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Kepala SKPD, Camat, Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru sejajaran, Kepala Desa Megasari, perwakilan perusahaan, dan para pelajar SMA2 Negeri Kotabaru. 

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -