Berita

Peringatan Nuzulul Qur’an , Kemenag Kotabaru Ingatkan Pentingnya Pedomani Al-Qur’an

Senin, 25 Maret 2024 11:15 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Malam Nuzulul Qur'an Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal   mengatakan pentingnya memperingati hari turunnya kitab suci Al-Qur’an  dan agar terus meneladani apa yang telah dituliskan dalam Al-Qur’an .

“Al-Qur’an  harus menjadi pedoman kita, Al-Qur’an  harus menjadi panduan hidup kita, dengan mangamalkan isi Al-Qur’an  kelak kita akan menjadi orang yang sempurna,” ujar saat pimpin rapat koordinasi persiapan memperingati malam Nuzulul Qur’an, Senin (20/03/24) di ruang rapat Kemenag Kotabaru.

Ka.Kankemenag menyebutkan memperingati Nuzul Qur’an, sebagai sarana untuk mengingat dan mengenang kembali malam diturunkannya Al-Qur’an  pertama kali oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Muhammad SAW.

“Nuzulul Qur’an  itu dimulai sejak penurunannya dari lauhul mahfuz secara utuh ke langit hingga sampai kepada Nabi Muhammad SAW,” ucapnya.

Selain itu katanya peringatan Nuzul Qur’an  ini sebagai momentum memahami dan semakin mencintai Al-Qur’an  sebagai kitab suci yang dimuliakan oleh Allah SWT.

“Al Qur’an adalah pembeda antara yang hak dan yang bathil, sumber petunjuk untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Siapa yang mengamalkannya pasti akan mendapat keberuntungan baik di dunia maupun di akhirat kelak nanti,” ucapnya.

Selanjutnya orang nomor satu di Kemenag Kotabarau itu berharap, peringatan Nuzul Qur’an  nanti tidak hanya menjadi sekedar seremonial saja tetapi bagaimana menterjemahkan nilai Al Qur’an  dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga dengan peringatan Nuzul Qur’an  nanti yang kita laksanakan akan dapat meningkatkan rasa cinta seluruh masyarakat Kotabaru kepada Al Qur’an  dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sementara Kabag Kesra, yang juga sebagai ketua Panitia Peringatan Hari Hari Besar Islam ( PHBI ) Bakhruddin menyampaikan, terkait pelaksanaan peringatan Nuzulul Qur’an yang rencananya akan digelar di tanggal 27 Maret atau bertepatan tanngal 17 Ramdhan.

Selanjutnya ia meminta kepada seluruh pengurus PHBI dalam hal ini panitia pelaksana untuk segera melakukan persiapan-persiapan guna mensukseskan kegiatan tersebut.

“Semoga kegiatan yang kita rencakan bersama hari ini dapat berjalan dengan sukses, lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama,” tandasnya (Rep/Ft: Ulis)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -