Berita

Pengawas Madrasah Sebut AMBK Ukur Capaian Kompetensi Siswa Pada Akhir Jenjang Pendidikan

Jumat, 3 Mei 2024 14:55 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Pengawas madrasah Hj. Nur Hafizah, M.M. beserta Tim monitoring Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 menyebut     pelaksanaan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) mengukur capaian kompetensi siswa pada akhir jenjang pendidikan.

Hal demikian ia sampaikan saat melakukan monitoring pelaksanaan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) jenjang Madrasah Tsanawiyah. Kamis (02/05/2024) di MTsS Darul Ulum Kotabaru.

Dikunjungan tersebut, pengawas memberikan semangat dan mendoakan seluruh peserta Asesmen Madrasah. Ia menyebutkan bahwa Asesmen Madrasah ini adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

"Pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan Asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya," ucapnya.

Selain itu Ia meminta kepada Kepala Madrasah untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama pelaksanaan Asesmen Madrasah di Sekolah masing-masing.

“Pastikan bahwa semua peserta menyiapkan persyaratan dalam mengikuti ujian terlebih ujian ini menggunakan informasi digital dengan menjawab soal secara online yang sudah disiapkan panitia serta paket data maupun saluran sinyal telekomunikasi dipastikan aman,” pungkasnya

Sementara itu, Staf pendidikan Madrasah Nur Azmi, M.M. menjelaskan bahwa asesmen ini dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. 

“Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran,” pungkasnya. 

 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -