Berita

Pendidik dan Tenaga Kependidikan MIN 1 Kotabaru Terima Sosialisasi Bahaya Kanker dan Tumor

Jumat, 2 Agustus 2024 13:15 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (MIN 1 Kotabaru) – Upaya melawan serta menghindari penyakit kanker dan tumor Pendidik dan tenaga kependidikan MIN 1 Kotabaru mengikuti kegiatan sosialisasi Bahaya Kanker dan Tumor yang diadakan oleh Yayasan Pencegahan Kanker Nusantara (YPKN), Rabu (31/07/24).

Kepala MIN 1 Kotabaru, Ibrahim  Muin, S.S., dalam keterangannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Pencegahan Kanker Nusantara.

“Kami sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan pendidik dan tenaga kependidikan terkait bahaya kanker serta pencegahannya dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat," ujarnya.

Menurutnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan atas kerjasama MIN 1 Kotabaru dengan YPKN 

terkait dengan bahaya kanker dan tumor dengan tema kegiatan mengenali dan mendeteksi gejala awal penyakit kanker dan tumor dan juga cara menanggulangi dan menghindari penyakit kanker dan tumor. “ Kegiatan ini memberikan manfaat khususnya bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengenal lebih jauh terkait bahaya kanker dan cara pencegahan sejak dini”, Ucapnya.

Sementara itu, narasumber dari YPKN Yuli Burma, Amd. Keb., menyampaikan bahwa Kanker merupakan suatu perubahan sel normal menjadi tidak normal. Kanker bisa berawal dari tumor, terutama yaitu tumor ganas.

“Untuk mengetahui tumor itu jinak atau ganas, bisa kita deteksi dengan cara menekan benjolan, kalau masih bisa gerak dan tidak terasa sakit berarti termasuk tumor jinak, namun jika terasa nyeri dan sakit berarti termasuk tumor ganas (kanker)”, Pungkasnya.

Adapun materi yang dipaparkan narasumber diantaranya adalah faktor pemicu terjadinya dan tumor, cara mengenali dan mendeteksi gejala awal kanker pada prostat dan kanker rahim yaitu kanker serviks, kanker serviks, dan kanker ovarium, cara mengenali dan mendeteksi gejala awal kanker payudara, serta cara sehat dan hemat untuk menghindari diri dari kanker dan tumor.

Editor:
Aan
Kontributor:
Madrasah
Penulis:
Wandi
Fotografer:
Wandi

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -