Berita

Pemda Kotabaru Gelar Rapat Ekspose Konsep DED Masjid Agung Husnul Khatimah

Kamis, 21 September 2023 05:37 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Dalam rangka lebih terarahnya pembangunan Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru menggelar rapat koordinasi Expose Konsep Desain Awal Penyusunan Rancang Bangun Rinci atau Detail Engineering Design (DED) Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru bersama Bupati Kotabaru dan Konsultan dari CV.Nafita Mandiri Konsultan, Senin (18/09/23) di ruang Rapat Bupati Kotabaru.

Dalam arahannya, Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar, SH menyampaikan bahwa proses pembangunan yang dilakukan harus sesuai dengan kultur masyarakat saijaan, maka dari itu masjid dan menara yang tergambar harus direalisasikan dengan baik, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Dalam konsep awal yang dipaparkan, pembangunan masjid direncanakan akan dapat menampung sebanyak 5000 jamaah serta selain tempat ibadah, masjid yang baru juga dapat diakses umum sebagai kawasan pariwisata. Kemudian, pembangunan masjid akan terhubung dengan jalan yang akan dilebarkan sehingga akses jalan pengunjung agar sekaligus dapat menyaksikan keindahan masjid dengan sempurna.

“ Pembangunan masjid bukan hanya mengutamakan nilai estetikanya saja, melainkan filosofi dari setiap bentuk yang dibuat harus mengandung arti dan makna”, Katannya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan masjid Masjid bukan hanya sekadar tempat ibadah, namun juga menjadi pusat aktivitas sosial dan pendidikan, tempat berbagi ilmu dan budaya, serta memperkokoh jalinan silaturahmi di tengah masyarakat.

“ Pembangunan masjid merupakan wujud komitmen dan kerja keras pemerintah daerah Kotabaru yang dibawah komando Bupati kita H.Sayed Jafar yang menghadirkan tempat ibadah yang layak dan repsentatif di Bumi Saijaan”, Katanya.

Pembangunan masjid agung ini, lanjut Kamal yang juga sebagai ketua pengurus Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru, kita juga harus menyadari bahwa pembangunan Masjid ini hanyalah langkah awal dalam perjalanan panjang kita dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “ Oleh karena itu, mari kita terus bersatu, berkolaborasi, dan bekerja keras dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan yang lebih luas, demi kebaikan dan kemajuan bersama”, Pungkasnya. (Rep/Ft:Aan).

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -