Berita

Pasca Pemilu, Kasubbag TU Himbau Seluruh Umat Jaga Kerukunan

Rabu, 28 Pebruari 2024 09:44 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Pasca Pemilu, Kepala Sub Bagian tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru H. Akhmad Ismail Fahni menghimbau seluruh umat beragama untuk tetap menjaga Kerukunan antar umat beragama.

“Pemilu telah usai, kita semua sudah memberikan hak suara kita di TPS. Maka saat ini giliran kita untuk tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan,” serunya kepada para peserta Rapat Koordinasi Kerukunan Umat Beragama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (27/02/24) di Hotel 88 Banjarmasin.

Untuk mendukung kerukunan tersebut, Kasubbag TU menyampaikan dibutuhkan kolaborasi antara ulama dan umaro yang moderat agar tidak terjadi ketimpangan dalam menghadapi masyarakat terutama pasca pemilu ini.

“Sikap moderat dalam beragama harus dibangun dan diperkuat, jangan sampai hanya karna perbedaan pilihan politik kita dapat memicu konflik agama yang selama ini sudah kita tata sedemikian rupa dan dapat menggangu kerukunan umat beragama," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa keragaman menjadi hal yang penting. Setiap pribadi memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga marwah bangsa ini, menjaga demokrasi agar tercipta keadaan rukun, damai, nyaman dan aman. Walau berbeda pendapat tetapi harus saling menghargai dan mengasihi. 

Menutup paparannya, Kasubbag TU mengaharapkan ditengah suasana masyarakat yang rukun dan damai ini, tokoh-tokoh agama di Kalimantan Selatan dapat terus menjadi penyejuk dan suri tauladan bagi umatnya serta tidak pernah berhenti dan tidak kenal lelah dalam memberikan bimbingan rohani.

“Saya berharap para tokoh lintas agama dapat menjadi oase ditengah gurun kehidupan bermasyarakat yang beragam. Karena pada hakikatnya tidak ada satu agama pun yang mengajarkan kebencian kepada pemeluk agama lain apalagi sampai melakukan kekerasan dan tindakan yang anarkis,” tandasnya. (Rep: Ulis/Ft: Aan)

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -