Berita

Mukhlis Qauli : PAH Memegang Peranan Penting Dalam Pencegahan Stunting

Senin, 24 Juni 2024 13:17 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS Kantor Urusan Agama (KUA) Pulau Laut Kepulauan Mukhlis Qauli, S.Pdi menyatakan bahwa stunting merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, terutama pada anak-anak usia balita.

Disampaikannya penanganan stunting tidak hanya berfokus pada aspek gizi dan kesehatan saja, tetapi juga melibatkan aspek keagamaan dan kebudayaan. Penyuluh agama memegang peranan penting dalam pencegahan stunting karena dapat mempengaruhi perilaku dan praktik hidup sehat masyarakat.

Penyuluh agama dapat memberikan pengajaran dan pemahaman yang lebih baik mengenai pola hidup sehat yang berlandaskan agama dan budaya setempat sehingga masyarakat lebih mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari”, Katanya, saat menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Rembuk Stunting, Senin (24/06/24) di Balai Desa Pulau Kerayaan, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan.

Selain itu, penyuluh agama dapat berperan sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya pencegahan stunting. Misalnya, melakukan kerjasama dengan dinas kesehatan dalam penyuluhan gizi yang juga mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan setempat.

Tidak hanya di wilayah pedesaan, peran penyuluh agama juga penting di daerah perkotaan. Karena di lingkup kota, berbagai pihak memerlukan informasi dan pendapat mengenai kehidupan beragama yang lebih sehat, steril, dan tidak menyebar penyakit.

Disinilah peran penyuluh agama sangat dibutuhkan dalam memberikan pengajaran dan memberikan pemahaman tentang pentingnya hidup sehat”, Ujarnya.

Dijelaskannya peran penyuluh agama sangat penting dalam pencegahan stunting. Insentif dan solusi dalam mengatasi stunting bukan hanya terletak pada makanan dan asupan gizi, tetapi juga memperhatikan sisi agama dan kebudayaan. “ Maka langkah pemerintah dalam menggandeng para tokoh agama dan pemuka agama dalam pencegahan penurunan angka stunting sudah tepat. Dengan memanfaatkan media agama seperti khotbah, ceramah, dan pengajian untuk menyampaikan pesan tentang stunting ”, Pungkasnya.(Rep:Aan/Ft:MQ)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Urusan Agama (KUA)
Penulis:
Aan
Fotografer:
Mukhlis Qauli

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -