Berita

MTsN 2 Kotabaru Gelar Pesantren Ramadhan Dengan Materi Utama Moderasi Beragama

Kamis, 21 Maret 2024 07:14 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (MTsN 2 Kotabaru) - Dalam rangka Penanaman Teori Dasar moderasi beragama serta penanaman Keimanan dan Ketaqwaan siswa / siswi kepada Allah SWT selama bulan Ramadhan, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kotabaru mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan di Madrasah Dengan Metode Perjenjang Kelas, Rabu (20/03/24).

Kepala MTsN 2 Kotabaru Sugiono, S. Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk Penanaman Teori dasar moderasi beragama Penanaman Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT dengan mengkondisikan kegiatan belajar mengajar yang dihiasi dengan suasana keagamaan yang lebih kental di lingkungan sekolah.

“ Semoga kita semua menjadi hamba-hamba Allah yang beriman dan bertaqwa terlebih peningkatan ibadah kita selama Bulan Ramadhan ini”, Katanya.

Sementara itu dalam laporannya Koordinator kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H MTsN 2 Kotabaru Abdul Rahim, S. Ag mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan pesantren ramadhan ini untuk memupuk rasa moderasi beragama yang tinggi serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa / siswi MTsN 2 Kotabaru.

“ Kegiatan Pesantren Ramadhan MTsN 2 Kotabaru dilaksanakan selama 10 hari 3 hari kelas 7, 3 hari Kelas 8 dan 3 hari kelas 9. Dan rencana nya nanti dihari akhir akan dilaksanakan buka puasa bersama semua kelas”, Ungkapnya.

Ditambahkannya kegiatan pesantren ramadhan dimulai dengan Tadarus Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yang akan diisi oleh Ustadz dan Ustadzah dengan tema materi berbagai hukum Islam dan pengenalan moderasi beragama.

Beberapa ustadz dan ustadzah akan mengisi ceramah agama diantaranya Ustadz Muhammad Fadly Alwy, S. Pd.,M.M, terkait dengan moderasi beragama, materi puasa  dan sholat akan disampaikan Ustadz Zaidanuddin, S. Pd, serta Ustadz Suriadi Alamsyah dan Yuliansyah Annur, S. Pd. I akan mengisi materi praktek ilmu-ilmu fikih islami selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking islami dan ditutup dengan sholat zuhur berjamaah.

“ Untuk kegiatan pembukaan ini materi akan di isi dengan moderasi beragama serta kegiatan ini yang dilaksanakan selama 9 hari dengan materi masing-masing 3 untuk setiap kelas dan nanti akan ditutup dengan acara buka puasa bersama semua tingkatan.”, Pungkasnya.

Editor:
Aan
Kontributor:
Madrasah
Penulis:
Muamar
Fotografer:
Abu

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -