Berita

MTsN 1 Kotabaru Gelar Rapat Penerapan P5

Senin, 23 Oktober 2023 12:29 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (MTsN 1 Kotabaru) – Dalam rangka menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi siswa dan siswi di linglungan pendidikan madrasah, Tenaga dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri  (MTsN) 1 Kotabaru menggelar rapat koordinasi persiapan menjelang diterapkannya P5 di lingkup MTsN 1 Kotabaru, Kamis (19/10/23) di ruang perpustakaan MTsN 1 Kotabaru.

Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 1 Kotabaru dalam arahannya saat memimpin rapat menjelaskan bahwa P5 pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Untuk itu diterapkan P5 merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

“ Dimana, Pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mempelajari hal-hal di luar kelas dapat membantu peserta didik memahami bahwa belajar di satuan pendidikan memiliki hubungan dengan kehidupan sehari – sehari”, Katanya.

Menurutnya pembelajaran di luar kelas membantu berkembang dengan mempelajari berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kepekaan dan kesadaran siswa terhadap lingkungan sekitarnya.

“P5 merupakan kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang mengamati dan mencari solusi mengenai masalah-masalah yang ada di sekitar” Ucapnya.

Sementara itu Ketua tim P5 MTsN 1 Kotabaru Nurul Yaqin, S.Ag dalam keterangannya menyampaikan bahwa berdasarkan hasil keputusan rapat bahwa kegiatan P5 di MTsN 1 Kotabaru akan dibagi 2 kegiatan yaitu pada tanggal 23 sd. 28 Oktober dilanjutkan pada tanggal 06 s.d 14 Nopember.

Ada beberapa tema yang diangkat pada penerapan P5 kepada siswa diantaranya untuk kelas 7 semester 1 bertemakan Bangunla 1: Bangunlah jiwa dan raga / Perundungan. Tema 2: Kearifan lokal. Untuk kelas 8, tema 1: Gaya hidup berkelanjutan. Tema 2; Kewirausahaan.

Nurul Yaqin berharap pelaksanaan P5 dapat berjalan lancar dan warga madrasah dapat turut mensukseskan kegiatan P5.

“Semoga pelaksanaan P5 dapat berjalan lancar sesuai dengan tanggal yang dijadwalkan. Saya harap warga madrasah dapat turut bantu mensukseskan kegiatan ini. Salah satunya dengan siswa-siswi yang kooperatif dalam mengikuti arahan dari tenaga pengajar pada kegiatan P5” harapnya. (Rep/Ft:Humas MTsN 1)

Editor:
Aan
Kontributor:
Madrasah
Penulis:
Humas MTsN 1
Fotografer:
Humas MTsN 1

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -