Berita

MTsN 1 Kotabaru Gelar Praktek P5 Melalui Keberagaman Budaya Nusantara

Jumat, 8 Maret 2024 07:00 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (MTsN 1) - Suasana kreativitas dan keberagaman terasa begitu kuat di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kotabaru saat para siswa kelas 8 memukau dengan penampilan tarian dan lagu daerah dalam praktek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini menjadi momen spesial untuk mengekspresikan keberagaman budaya Nusantara. Kamis (07/03/2024)

Dalam praktik P5 ini, siswa dari kelas 8 mulai dari kelas A hingga F terbagi dalam kelompok masing-masing, menampilkan tarian daerah berdasarkan daerah yang telah ditentukan. Dari Sabang hingga Merauke, ragam budaya Indonesia tersaji melalui gerakan tari dan melodi lagu yang merdu.

Rosi Ramadhania, S.Pd, salah satu dewan juri dalam penilaian tarian dan nyanyi daerah sangat mengapreasisi seluruh peserta yang mampu menampilkan tarian dengan gerakan yang mempesona serta kreativitas dan semangat siswa dalam penampilannya yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.

"Para siswa menunjukkan dedikasi yang luar biasa. Mereka tidak hanya menguasai gerakan tarian dengan baik, tetapi juga berhasil menyajikan properti yang mereka siapkan sendiri dengan sangat baik," Ujarnya.

Rosi Ramadhania menambahkan beragam tarian yang ditampilkan para siswa, mulai dari daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Papua hingga daerah lainnya. Setiap kelompok berhasil menyajikan tarian dengan penuh kekompakan, menunjukkan hasil latihan yang intens sebelumnya.

“ Para siswa juga menghayati setiap gerakan tarian dan makna di balik lagu-lagu daerah yang mereka nyanyikan. Ini sangat membanggakan dan menunjukkan cinta mereka terhadap budaya Indonesia”, Tambahnya.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Kotabaru, H. Adi Rosadi, S.Ag, MM, menyampaikan rasa bangganya terhadap prestasi dan semangat siswa dalam mempersembahkan kebudayaan Indonesia. Dengan suksesnya praktik P5 Bhineka Tunggal Ika ini, MTsN 1 Kotabaru sekali lagi menunjukkan komitmennya dalam mendukung kegiatan pendidikan yang beragam dan menarik bagi siswa "Semoga melalui kegiatan seperti ini, para siswa semakin mencintai dan melestarikan budaya Nusantara”,Pungkasnya.

Adapun dewan juri pada kegiatan praktik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bhineka Tunggal Ika diantaranya Rosi Ramadhania, S.Pd, Ahmad Fakhrudin Inayah, S.Pd, dan Hj. Nur Wahidah, S.Ag.(Rep/Ft:Humas MTsN 1)

Editor:
Aan
Kontributor:
Madrasah
Penulis:
Humas MTsN 1
Fotografer:
Humas MTsN 1

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -