Berita

MTsN 1 Kotabaru Gelar Pesantren Ramadhan 1445 H

Minggu, 17 Maret 2024 10:42 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (MTsN 1 Kotabaru) – Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kotabaru menggelar Pesantren Ramadhan bagi siswa-siswinya.

Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 1 Kotabaru H.Adi Rosadi, S.Ag,MM yang membuka secara resmi kegiatan Pesantren Ramadhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa terlebih dalam memasuki Bulan Suci Ramadhan. “Pesantren Ramadhan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa-siswi dan juga para tenaga pendidik serta kependidikan di MTsN 1 Kotabaru”, Katanya, Sabtu (16/03/24).

Selanjutnya ia mengucapkan terima kasih kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan selaku panitia penyelenggara yang telah menyusun kegiatan pesantren ramadhan ini dalam rangka peningkatan Imtaq bagi siswa dan siswi MTsN 1 Kotabaru. "Kegiatan yang dirancang untuk memberikan ruang bagi siswa-siswi dalam meningkatkan ibadah dan pengetahuan keagamaan selama Bulan Ramadhan”, Pungkasnya.

Sementara itu Badarudin, S.Pd.I selaku ketua panitia kegiatan pesantren Ramadhan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara terjadwal, dimulai dari kelas 7 pada 16 hingga 18 Maret, kelas 8 pada 19 hingga 20 Maret, dan kelas 9 pada 21 dan 23 Maret.

Bahruddin menambahkan Pesantren Ramadhan diisi dengan berbagai kegiatan ibadah, di antaranya shalat Dhuha, sesi mengaji Al-Quran, serta materi keagamaan yang disampaikan oleh para ustadz dan ustadzah. Selain itu, siswa-siswi juga diberikan wawasan tentang adab-adab dan nilai-nilai keislaman yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia berharap agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini dalam peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT terlebih pada Bulan yang sangat mulia yaitu Bulan Ramadhan. “ Semoga pesantren Ramadhan ini dapat menjadi momentum bagi siswa-siswi untuk memperdalam pemahaman agama Islam dan juga memperkuat kebersamaan antar sesama," Harapnya.

Dari pantauan dilapangan bahwa kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari siswa-siswi yang antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Mereka juga turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial dan keagamaan yang diadakan selama pesantren Ramadhan.

Dengan penuh semangat dan kekompakan, siswa-siswi MTsN 1 Kotabaru menjalani pesantren Ramadhan ini dengan harapan dapat menjadi bekal spiritual yang membimbing mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai agama yang kuat.(Rep/Ft:Humas MTsN 1 Kotabaru)

Editor:
Aan
Kontributor:
Madrasah
Penulis:
Humas MTsN 1
Fotografer:
Humas MTsN 1

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -