Berita

Melalui ANBK, Pengawas Madrasah Harap Hasil Belajar Peserta Didik Terus Meningkat

Selasa, 14 Mei 2024 14:53 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Pengawas madrasah Hj. Nur Hafizah, M.M mengharapakan melalui Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hasil belajar peserta didik pada madrasah akan terus menerus meningkat.

“Karena ANBK adalah program untuk menilai mutu madrasah, dan program kesetaraan di tingkat dasar dan menengah. Kemudian Fungsi ANBK untuk menghasilkan informasi yang akurat supaya dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar, sehingga akan meningkatkan hasil belajar peserta didik, ” ujarnya.

Hal demikian ia sampaikan saat melakukan pemantauan secara langsung pelaksanaan ANBK tingkat Madrasah Ibtidaiyah di MIS Asy-Syafiiyah. Sabtu (11/05/2024)

Fizah mengatakan bahwa ANBK sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasil Komputer (UNBK) ada 3 (tiga) instrumen penilaian, yaitu: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

Selanjutnya, Ia menjelaskan bahwa ANBK digelar dalam rangka melaksanakan regulasi pendidikan yang ada. “Alhamdulillah berjalan lancar,terimakasih kepada panitia dan yang lainnya karena telah bekerja sejak persiapan-persiapan sampai terselesainya ANBK dengan solid dan kompak, ” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Staf Penmad Hairani Jamil, M.M. mengatakan peserta didik lebih tenang mengerjakan soal-soal yang disuguhkan. “Soal-soalnya cukup sulit karena tidak ada dalam mata pelajaran tapi bisa terlewati dengan baik,” tandasnya.

Ia menuturkan bahwa demi kelancaran dan kenyaman pelaksanaan ANBK, setiap kelas didampingi oleh seorang pengawas dan 1 orang proktor. “Suasana terasa hening dan nyaman, terlihat keseriusan peserta didik menjawab soal-soal, ” timpanya.

Jamilpun mengungkapkan harapan bersama hasil pembelajaran di Indonesia khususnya pada madrasah semakin baik secara kognitif, afektif, dan psikomotorik.”semoga ke depannya akan semakin baik demi terwujudnya hasil belajar yang lebih berkualitas,” tutupnya 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -