Berita

Manasik Haji, Kakankemenag Ingatkan JH persiapkan jasmani dan rohani dengan baik.

Senin, 22 April 2024 12:31 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal, S.HI., M.Ag mengingatkan agar mulai jauh hari Jemaah Haji Tahun 1445 H/ 2024 M telah mempersiapkan jasmani dan rohaninya dengan baik.

"Tidak hanya materi, kesehatan jasmani dan rohaninya juga perlu dipersiapkan dengan cara semakin memperdalam ilmu-ilmu agama dan ibadah kepada Allah SWT guna meraih haji yang mabrur," ujarnya.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan materi pada kegiatan bimbingan manasik Haji bagi Jemaah haji kaupaten kotabaru tahun 1445 H/2024 M. Minggu (22/04/2024) di Aula STIT Darul Ulum Kotabaru.

Kamal mengatakan bahwa ibadah haji itu membutuhkan persiapan yang matang karena relatif lebih berat pelaksanaaannya dibanding ibadah lain seperti shalat, zakat, ataupun puasa ramadhan.

“Ini berhubungan dengan jauhnya perjalanan, tingginya dinamika, serta banyaknya jamaah yang berkumpul di tanah suci”, ulasnya.

Seterusnya Ia juga menjelaskan hal-hal penting yang  dipersiapkan itu diantaranya niat yang lurus karena Allah semata.

"Meyakini ibadah ini panggilan Allah. Seperti dalam firman Allah dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat ke 196 yaitu sempurnakanlah haji dan umrohmu semata-mata karena Allah, " lanjutnya.

Lalu, menurutnya adalah memahami ilmu manasik haji dan kesiapan untuk mengikuti petunjuk Nabi karena  harus jelas rujukannya, yaitu apa yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW. “Dalam mengerjakannya jangan mengada-ada atau sekedar ikut-ikutan”, tegasnya.

Berikutnya juga, Kamal menilai perlu persiapan fisik dan mental, karena perjalanan ibadah Rukun Islam kelima ini jauh ke Mekkah di saudi Arabia dan memakan waktu yang cukup lama, maka baik fisik maupun mental mesti disiapkan.

Penting katanya juga, untuk menjaga kesehatan, juga dalam hal kesiapan mental seperti sabar, berani, toleran, siap untuk bantu membantu, rendah hati serta optimistik. 

Pada kesempatan yang sama, Ia juga mengajak JH agar membersihkan diri, meminta maaf kepada tetangga dan sanak saudara, memperbanyak istighfar serta meningkatkan kualitas ibadah.

Kakankemenag juga turut menyampaikan bahwa bimbingan manasik sarat akan manfaat bagi CJH, karena akan memberi kemudahan dalam menunaikan ibadah.

"Dari manasik inilah nantinya jemaah haji akan mengetahui dan memahami tata cara ibadah haji sesuai syariat Islam dan bekal-bekal yang perlu disiapkan sebelum mengerjakan haji di tanah suci," tutupnya. 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -