Berita

Lewat Perpustakaan Masjid, Ka.KanKemenag Ktb Ajak Masyarakat Tingkatkan Literasi Dan Pengetahuan.

Jumat, 9 Agustus 2024 15:41 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal mengatakan Kementerian Agama RI mengajak masyarakat untuk lebih aktif memanfaatkan perpustakaan masjid sebagai sarana meningkatkan literasi dan pengetahuan.

“Dalam upaya mendorong budaya baca di kalangan umat, Kemenag menekankan pentingnya peran masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi membaca dan pengetahuan,” ujar Ka.Kankemenag saat menerima Tim Bina Paham Keagamaan pada bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalsel, jum’at (09/08/24) dikantor Kemenag Kotabaru.

Menurutnya adanya perpustakaan masjid yang tersedia, masyarakat, termasuk anak-anak dan remaja, dapat memanfaatkan waktu mereka untuk membaca dan belajar di lingkungan yang dekat dan familiar. Hal ini tidak hanya meningkatkan literasi, tetapi juga memperkuat peran masjid sebagai pusat kegiatan komunitas.

Ka.Kankemenag pun menyatakan perpustakaan masjid juga dapat menjadi solusi bagi keterbatasan akses masyarakat terhadap bahan bacaan berkualitas terutama bagi masyarakat yang jauh dari fasilitas perpustakaan umum.

“Banyak masyarakat di daerah yang sulit mengakses buku-buku berkualitas karena jauhnya lokasi dari fasilitas perpustakaan umum. Perpustakaan masjid bisa menjadi solusi untuk mengatasi tantangan ini," ujarnya.

Selanjutnya Mantan Ka.Kankemenag Tanah Bumbu tersebut mendorong para pengurus masjid di berbagai daerah untuk terus menambah koleksi buku dan mengadakan kegiatan literasi yang dapat menarik minat baca masyarakat setempat. Diamana dukungan dari berbagai pihak, seperti donatur dan komunitas literasi, sangat diharapkan untuk memperkaya perpustakaan masjid dengan buku-buku yang relevan dan bermanfaat.

Ka.KanKemenag juga mengimbau para pengurus masjid untuk terus memperbaiki fasilitas perpustakaan, menambah koleksi buku, dan mengadakan kegiatan literasi yang menarik bagi jamaah.

“Dengan adanya perpustakaan masjid yang aktif dan terkelola dengan baik, diharapkan seluruh masyarakat, baik di kota maupun di desa, dapat menikmati manfaat literasi yang setara dan membangun masa depan yang lebih cerdas dan berdaya,” pungkasnya

Sementara Tim Bina Paham Keagamaan pada bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel H. Surya Nahdi menyatakan komitmen Kemenag untuk memperkuat peran perpustakaan masjid dalam mendukung literasi masyarakat.

“Perpustakaan masjid memiliki potensi besar untuk menjadi pusat literasi di komunitas lokal. Kami mengambil langkah strategis ini untuk memastikan bahwa setiap masjid memiliki fasilitas perpustakaan yang memadai," ungkapnya.

Dengan langkah-langkah ini, kata Surya, perpustakaan masjid dapat menjadi pusat literasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas, baik di perkotaan maupun di pedesaan, sehingga tercipta lingkungan yang lebih cerdas dan berpengetahuan.

“Adanya perpustakaan masjid yang aktif dan terkelola dengan baik diharapkan perpustakaan masjid dapat menjadi pusat literasi yang bermanfaat bagi semua kalangan,” pungkas Surya.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -