Berita

Lewat Inovasi, Kemenag Dorong Kemudahan Akses Keagamaan Bagi Masyarakat

Senin, 5 Agustus 2024 11:22 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru H. Akhmad Ismail Fahni menyampaikan pentingnya inovasi dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Kemenag bertekad untuk menjadi pelopor dalam menerapkan inovasi di sektor publik, termasuk dalam pengelolaan dana zakat dan pengembangan layanan keagamaan, dan pemasyarakatan nilai-nilai agama yang moderat,” ujar Fahni.

Hal tersebut disampaikan Fahni saat memberikan arahan pada kegiatan amaliyah pada kegiatan Pengawasan Pendekatan Agama (PPA) yang diikuti seluruh ASN dan PPNPN Kantor Kemenag Kotabaru di Aula Kantor Kemenag Kotabaru, Senin (05/08/24).

Fahni menyampaika salah satu contoh konkrit dari inovasi yang diusung Kemenag adalah pengembangan platform digital untuk pengelolaan dan penyaluran zakat secara transparan dan efisien.

“Melalui platform ini, masyarakat dapat melakukan pembayaran zakat secara online, serta mendapatkan informasi terkini mengenai program-program zakat yang dijalankan oleh lembaga-lembaga zakat yang terpercaya,” ucapnya.

Selain itu kata Fahni, penggunaan teknologi untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap layanan keagamaan. Kemenag telah mengembangkan aplikasi mobile dan platform daring yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi seputar ibadah, jadwal shalat, dan ceramah agama secara mudah dan cepat.

“Lewat pengembangan aplikasi mobile yang memberikan informasi terkini tentang jadwal shalat, arah kiblat, dan kajian keagamaan. Umat tidak hanya memudahkan umat Islam dalam mematuhi kewajiban ibadah, tetapi juga sebagai sarana untuk mendapatkan panduan keagamaan yang akurat dan terpercaya,” ungkapnya.

Adapun dalam moderasi beragama langkah konkrit yang diambil Kemenag adalah melalui pengembangan program dakwah yang inklusif dan berbasis kedamaian. “Program ini tidak hanya fokus pada aspek ritual ibadah, tetapi juga menyebarkan pesan-pesan agama yang mempromosikan perdamaian, toleransi antarumat beragama, serta penolakan terhadap radikalisme dan ekstremisme,” terangnya.

Diakhir arahannya Fahni mengajak seluruh ASN dilingkup Kemenag Kotabaru, untuk terus berinovasi dalam menjawab tantangan zaman. “Dengan semangat berinovasi, kita dapat memberikan layanan keagamaan yang lebih baik, memberdayakan masyarakat dalam praktik keagamaan, dan memperkuat harmoni serta toleransi antarumat beragama di kabupaten Kotabaru,” tutupnya.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -