Berita

Lembaga Zakat Miliki Peran Penting Tingkatkan Kesejahteraan Umat

Senin, 5 Agustus 2024 10:42 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru menggelar apel pagi senin di halaman kantor kemenag Kotabaru. bertindak selaku pemimpin upacara Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Gara Zawa) diikuti para Kasubbag TU, para Kepala Seksi, penyelenggara, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kotabaru, Senin (05/08/24).

Dalam amanatnya Gara Zawa H. Akhmad Syarwani menyampaikan Lembaga zakat di Indonesia telah memainkan peran yang signifikan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, memperkuat keadilan sosial, serta mendorong pemberdayaan ekonomi umat.

“Salah satu manfaat utama lembaga zakat adalah peningkatan kesejahteraan sosial. Dengan dana yang terkumpul, lembaga zakat mampu menyediakan bantuan langsung kepada masyarakat miskin dan kurang mampu,” katanya

Lebih lanjut Syarwani katakan, lembaga zakat tidak hanya berfokus pada pengumpulan zakat dari para muzaki (pemberi zakat), tetapi juga memastikan distribusi yang tepat sasaran kepada mustahik (penerima zakat).

“Bantuan ini meliputi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal, serta biaya pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Dengan pengelolaan yang profesional dan transparan, sambung Gara, lembaga zakat dapat terus berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berdaya.

“Melalui program zakat, infak, dan sedekah, masyarakat diajak untuk berbagi rezeki dan berpartisipasi aktif dalam membantu sesama. Ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan kolektif, tetapi juga mempererat ikatan sosial dalam komunitas,” terangnya.

Mengakhiri amanatnya. Gara Zawa berpesan agar seluruh ASN Kemenag Kotabaru untuk mengajak masyarakat berzakat dengan harapan semakin banyak yang tergerak untuk berzakat .

“Dengan semakin banyaknya zakat yang terkumpul, kita dapat lebih banyak membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, serta membangun daerah kita yang lebih tentram, aman dan sejahtera,” tandas Syarwani.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -