Berita

Kunci Sukses Ada Pada Diri Sendiri

Kamis, 2 Mei 2024 14:13 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – “Kunci sukses masa depan ada pada diri sendiri, bukan pada orang lain),” ungkap Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru H. Akhmad Ismail Fahni saat memberikan sambutan pada kegiatan Pengukuhan, Pelepasan dan Perpisahan Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru, Kamis (02/05/24) bertempat Gedung Mahligai Pemuda Kotabaru.

Kasubbag mengatakan bahwa setiap orang bebas menentukan jalan atau masa depannya sendiri baik ingin sukses ataupun tidak. “Bagi yang ingin dapat menggapai dan meraih cita-citanya, maka haruslah dengan melalui perjuangan terlebih dahulu dan kalian harus siap menjalaninya,” terangnya.

Diterangkannya setiap orang tentu memiliki keinginan untuk menjadi orang sukses. Kesuksesan itu terlahir dari banyak membaca untuk memahami apa yang akan ia bangun dan senang belajar dari sebuah kesalahan.

Untuk itu katanya sebagai seorang siswa yang akan lulus dimadrasah haruslah mengamalkan ilmu yang telah diterima selama menimba ilmu di madrasah. “Apabila telah lulus maka haruslah ilmu diamalkan dengan penuh tanggung jawab karena itu salah satu kunci kalian nantinya menuju kesuksesan,” terangnya.

Dilanjutkan Kasubbag untuk memantapkan materi yang telah diajarkan guru di madrasah, maka hendaknya meneruskan kembali pelajaran baik keperguruan tinggi maupun ke pondok pesantren.

“Maka, dengan belajar kita akan lebih mudah memperoleh kesuksesan dan menghilangkan segala halangan atas ketidakmampuan. Adapun sebuah alasan mengapa orang-orang sukses suka dengan proses belajar. Alasannya tentu dia perlu mengetahui lebih banyak lagi mengenai ilmu yang akan ia inginkan,” ucapnya

Hal senada juga disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Muhammad Yamin mengatakan selain kunci kesuksesan ditentukan oleh diri sendiri, ia juga menganjurkan agar setiap cita-cita yang ingin diraih haruslah diiring dengan do’a sebab menurutnya setiap sesuatu yang diinginkan dengan do’a akan lebih cepat diijabah oleh Allah.

“Yang terpenting tanamkan niat pada diri masing-masing bahwa kita ingin sukses dan bersedia melaksanakan kewajiban yang diberikan termasuk do’a yang dipanjatkan,” tandasnya.

Pengukuhan, Pelepasan dan Perpisahan diikuti 236 siswa  kelas XII jurusan MIPA, IIS, IIK. Kegiatan itu tutut dihadiri pengawas madrasah, Kepala Madrasah MI, MTs dan seluruh dewan  guru MAN Kotabaru. (Rep/Ft: Ulis).

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -