Berita

KUA Pulau Laut Tengah Gelar Penyuluhan Pendewasaan Perkawinan

Kamis, 27 Juni 2024 11:32 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (KUA Pulau Laut Tengah – Sei Pinang) –Berkah, kesejahteraan, dan kebahagiaan adalah dambaan setiap orang yang menjalani kehidupan berumah tangga. Namun, keberhasilan dalam pernikahan tidak dapat dicapai hanya dengan cinta semata. Untuk mencapai rumah tangga yang harmonis, di samping cinta, diperlukan pemahaman yang matang tentang keluarga, pasangan, serta peran yang harus dijalankan dalam keluarga.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pulau Laut Tengah, Jasman, S.Pd.I, pada saat memberikan arahan dan sambutan pada kegiatan Penyuluhan Pendewasaan Perkawinan yang diselenggarakan KUA Pulau Laut Tengah, Rabu (26/06/24), di Aula KUA setempat.

“ Penyuluhan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya persiapan yang matang sebelum menikah. Serta, memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang hak dan kewajiban dalam kehidupan berkeluarga”, Katanya.

Menurutnya menjalin sebuah hubungan dan mempersiapkan pernikahan adalah tugas yang cukup berat dan membutuhkan pengertian mendalam dari kedua belah pihak. Untuk itu, penting bagi calon pengantin untuk memahami dengan baik, mengenai bagaimana mengatur komunikasi dalam hubungan.

Selain itu, pentingnya pengenalan diri, cara memilih pasangan yang tepat, mengatasi konflik, dan lain sebagainya. Semua itu, tidak akan terwujud tanpa pendewasaan diri dan pemahaman yang matang tentang keluarga serta peran yang harus dijalankan dalam keluarga.

“ Penyuluhan Pendewasaan Perkawinan ini sangat penting bagi para calon pengantin. Karena dari sini, mereka dapat mempersiapkan diri dengan matang sebelum menikah. Selain itu, juga dapat membangun komunikasi dan pemahaman yang baik antara pasangan selama masa pacaran”, Tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jasman juga menegaskan bahwa Kementerian Agama dalam hal ini KUA akan terus memberikan pelatihan-pelatihan semacam ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan keluarga yang harmonis. Sehingga, masyarakat dapat memiliki persiapan yang lebih matang saat akan menikah.

“Melalui program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya persiapan dan komunikasi yang baik antara pasangan calon pengantin”, Pungkasnya.

Kegiatan penyuluhan ini diikuti sebanyak 20 pasangan peserta usia pernikahan yang diselenggarakan kerjasama dengan pemerintah daerah Kecamatan Pulau Laut Tengah dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kotabaru.

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Urusan Agama (KUA)
Penulis:
Aan
Fotografer:
Jasman

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -