Berita

KUA Kelumpang Tengah Gelar Pembinaan Keluarga Sakinah

Selasa, 12 September 2023 07:25 WIB
  • Share this on:

Tanjung Batu (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kelumpang Tengah H.Norkhalis, S.Ag mengatakan bahwa keluarga sangat berperan penting dalam pembentukan setiap karakter individu. Tiap-tiap keluarga penting untuk mengetahui dan memahami tujuan keluarga dan fungsi keluarga agar tercipta keluarga yang tenang, damai, aman, tentram dan bahagia yang dalam ajaran agama Islam dikenal dengan istilah Sakinah, Mawaddah, Warrahmah

“ Keluarga adalah miniatur negara dan merupakan institusi terkecil dalam masyarakat”, Katanya saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Pembinaan Keluarga Sakinah, Rabu (30/08/23) di Balai Desa Sang-sang Kecamatan Kelumpang Tengah.

Menurutnya kegiatan ini merupakan program dari KUA Kelumpang Tengah yang bertujuan meningkatkan dan ilmu tentang Keluarga Sakinah, Pendidikan anak dalam penguasaan Iman dan Taqwa serta dibarengi dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Imtaq dan Iptek). “ Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan para remaja putri yang memasuki usia pernikahan” Ucapnya.

Ia menjelaskan kunci rumah tangga sakinah sebenarnya terletak pada sikap masing-masing anggota keluarga. Baik suami, istri, maupun anak hendaknya dapat saling memperlakukan dengan baik, ramah, dan lemah lembut. Kelembutan dalam bertindak maupun bertutur kata akan menciptakan kebiasaan yang baik dan jauh dari sifat tercela. “Diantara tujuan pernikahan adalah membentuk sebuah rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah” Jelasnya.

Selanjutnya Norkhalis menambahkan ada beberapa hal yang dapat mewujudkan keluarga sakinah diantara pondasi menikah karena ibadah, memenuhi tanggung jawab suami dan istri, saling perhatian dan menyayangi, bersyukur dan saling menjaga ibadah serta menanamkan nilai-nilai Islam dalam berumah tangga.

 “Ada 5 pilar dalam membentuk dan menjaga keluarga sakinah yaitu, zawaj/berpasangan, mitsaqon gholidzon/janji kokoh, mu'asyaroh bil ma'ruf/memperlakukan pasangan dengan baik, musyawarah/diskusi, dan meyakini bahwa ridho Allah tergantung pada ridho pasangan kita,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag menyambut positif kegiatan pembinaan ini dan diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi peserta sehingga dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakanya Kementerian Agama terus berupaya melaksanakan program Pembinaan Gerakan Keluarga Sakinah sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia secara terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam mempercepat mengatasi krisis yang melanda bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat madani yang bermoral tinggi, penuh keimanan, dan ketakwaan.

“ Pola keluarga sakinah adalah memberikan pengalamannya kepada masyarakat saat berinteraksi dengan orang lain dan mampu mengatasi masalah kehidupan sehari-hari, dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan kaidah-kaidah ajaran Islam yang berkaitan dengan masalah dalam rumah tangga”, Ucapnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Aan
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -