Berita

Kepala Kantor Kemenag Kotabaru Buka 2 Angkatan Kegiatan PDWK

Kamis, 1 Pebruari 2024 06:10 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru H. Ahmad Kamal didampingi Kasubbag TU H. Akhmad Ismail Fahni, Ketua Panitia pelaksana Kahirudin dan Widyaiswara H. Mansur membuka 2 Angkatan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) yang digelar oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin di Aula Kantor Kemenag Kotabaru, Selasa (30/01/24).

Ke dua angkatan pelatihan tersebut, yaitu pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama dan Pelatihan tematika yang diikuti 70 orang pegawai dari Penyuluh Agama dan guru Raudhatul Athfal (RA) lingkup kantor Kemenag Kotabaru.

Pada acara pembukaan pelatihan, Ka.Kankemenag Kotabaru H. Ahmad Kamal menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan upaya untuk mengembangkan SDM pada tenaga keagamaan dan tenaga pendidik, ini merupakan wujud dari tujuh program prioritas yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo yakni Pembangunan Sumberdaya Manusia. 

“Dengan mengikuti pelatihan yang diadakan Balai Diklat akan memberikan kita pengetahuan lebih dan kita akan terlatih secara profesional sehingga berdampak dan dapat dirasakan saat berada di lapangan kerja atau tempat tugas masing-masing sesuai dengan tujuan dan sasaran pelatihan,” katanya.

Ka.Kankemenag Kotabaru juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh BDK Banjarmasin. Ia berpesan kepada seluruh peserta jangan cepat puas setelah mengikuti pelatihan ini. Teruslah meningkatkan kemampuan selepas pelatihan sebagai pemicu pengembangan kompetensi diri dan mampu memberikan keteladan bagi jemaahnya maupun siswa di madrasah.

“Mudah-mudahan kegiatan yang  kita ikuti bersama ini akan meningkatkan sumber daya manusia, yang nanti ilmunya akan ditransfer oleh nara sumber, serta memberikan penambahan pengalaman dan ilmu bagi kita khususnya bagi para penyuluh agama dan para guru-guru RA di kabupaten Kotabaru,” pesannya.

Sementara ketua panitia penyelenggara Khairudin mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dua angkatan sekaligus di dua tempat yang berbeda dimana masing-masing angkatan akan diikuti 35 orang dari kalangan Penyuluh Agama ASN dan non ASN dan 35 orang lainnya dari kalangan guru ASN dan Non ASN RA.

“Untuk menunjang pelatihan tersebut, kami mengajak empat Widyaiswara BDK Banjarmasin. Dimana dua orang masing masing dari mereka akan menjadi narasumber pada pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama dan dua Widyaiswara lainnya pada Pelatihan tematika bagi guru RA,” sampainya.

Pembukaan pelatihan berjalan dengan lancar mulai dari pembukaan, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Ayat-ayat Suci Al Qur'an, Laporan pelaksanaan kegiatan, pembekalan, penyematan tanda peserta dan diakhiri dengan pembacaan Doa. Pelatihan akan berjalan selama 6 hari mulai dari tanggal 30 Januari – 04 Februari 2024. (Rep/FT:Ulis)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Mukhlisin
Fotografer:
Mukhlisin

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -