Berita

Kemenag Kotabaru Lakukan Koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kotabaru Terkait Pembiayaan PPG Guru PAI Sekolah

Kamis, 15 Agustus 2024 06:53 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru melalui  Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Papkis) melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotabaru terkait Partisipasi anggaran pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) BATCH 2 tahun 2024. Selasa (13/08/24) bertempat kantor Disdikbud Kotabaru.

Menurut Kepala Seksi Papkis, Hj. Siti Fatimah, Koordinasi tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti surat Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kepada Sekretaris Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se Indonesia tentang Permohonan Partisipasi Pembiayaan PPG Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.

“Koordinasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa para guru PAI yang mengikuti PPG mendapatkan dukungan finansial yang memadai, serta untuk memastikan kelancaran pelaksanaan program PPG ini,” ujarnya.

Menurutnya ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa para guru PAI mendapatkan kesempatan yang setara dalam mengikuti PPG dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam.

“Koordinasi semacam ini sangat penting untuk memastikan keberhasilan program PPG dalam menghasilkan guru-guru yang profesional dan berkompeten di Kotabaru,” ucap Fatimah.

Fatimah menyebutkan ada terdapat 41 orang guru PAI pada TK, SD dan SMP yang akan mengikuti PPG. Oleh karenanya, saat ini Kantor Kemenag Kotabaru akan terus membangun komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kotabaru agar guru-guru PAI mengikuti PPG dapat memperoleh bantuan biaya PPG seperti sebelumnya.

Terkait pelaksanaan PPG sendiri Fatimah berpesan agar guru-guru PAI dapat mengikuti PPG dengan sebaik mungkin. Tidak semata karena sertifikasi yang akan didapat, tetapi menurutnya yang lebih penting ialah peningkatan kompetensi guru untuk menghasilkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang lebih bermutu.

“Dengan demikian, mereka dapat memberikan pendidikan agama yang lebih baik kepada siswa, yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan tetapi juga pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral,” tandasnya.

Sementara, Plt. Kepala Bidang Pembinaan SD, Sumarsono menyatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan PPG  khusus bagi guru-guru PAI di kabupaten Kotabaru. Dukungan ini disampaikan dalam rangka memperkuat kualitas pendidikan agama di sekolah-sekolah dan meningkatkan kompetensi profesional guru-guru PAI.

Selanjutnya Sumarsono berharap kualitas pengajaran agama di sekolah-sekolah akan semakin meningkat, sejalan dengan tujuan nasional untuk menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas.

“Pendidikan agama adalah fondasi penting dalam pembangunan karakter siswa. Dengan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan, kami optimis bahwa guru-guru PAI akan mampu memberikan yang terbaik bagi siswa-siswi mereka,” pungkas Sumarsono

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -