Berita

Kemenag Kotabaru Kelola Anggaran Sebesar Rp.37.962.644.000

Selasa, 19 Desember 2023 05:45 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan siap menjalankan amanah yang diberikan dalam pengelolaan Anggaran Tahun 2024 dengan profesional, akuntabel dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hal ini disampaikannya usai menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2024 yang diserahkan secara Digital oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotabaru pada acara Kick Off Pelaksanaan APBN TA 2024 dan Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2024 Satker Lingkup Wilayah Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu, Senin (18/12/23) di Aula KPPN Kotabaru.

Ditambahkannya bahwa TA 2024, Kemenag Kotabaru memperoleh anggaran sebesar 37.962.644.000 dengan 5 satuan kerja (Satker), yaitu Sekjen sebesar 33.941.218.000,- Dirjen Bimas Islam sebesar 2.525.305.000,- Dirjen Pendidikan Islam 994.100.000,-, Dirjen PHU sebesar 218.422.000,-  dan Dirjen Bimas Katolik sebesar 283.599.000,-.

“ Dengan penyerahan DIPA TA 2024 ini, jajaran Kemenag Kotabaru akan segera melakukan identifikasi untuk melihat program-program strategis dan prioritas agar pengelolaan anggaran TA 2024 dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana”, Ucapnya.

Selain itu pihaknya bakal menjalankan isi pakta integritas yang telah ditandatangani dalam pengelolan keuangan negara akan dilakukan sesuai dengan mematuhi peraturan yang berlaku.

“Kami di Kemenag Kotabaru siap menjalankan pakta integritas, yakni melaksanakan anggaran tahun 2024 dengan mematuhi aturan yang berlaku, terhindar dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme,” Pungkasnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala KPPN Kotabaru Muhammad Falih Ariyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa DIPA 2024 merupakan dokumen anggaran yang diberikan kepada seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam melaksanakan kegiatan dan program yang ada di Satuan Kerjanya.

Selain itu, Plt Kepala KPPN memberikan apresiasi kepada Satuan Kerja yang kinerja pelaksanaan anggarannya pada tahun 2023 bernilai sangat baik. Hal tersebut tidak lepas dari sinergi dan koordinasi antara Satuan Kerja dengan KPPN Kotabaru.

Ditambahkannya bahwa sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo pada penyerahan DIPA TA.2024 secara nasional, bahwa Presiden menekankan agar penggunaan anggaran dilakukan secara disiplin, tepat sasaran, transparan, dan direalisasikan sesegera mungkin.

"Pertama, gunakan anggaran yang telah diberikan itu sekali secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran. Yang kedua kedepankan transparansi dan akuntabilitas, jangan membuka celah sedikitpun untuk penyalahgunaan anggaran berkaitan dengan korupsi apalagi tutup celah itu. Ketiga, eksekusi segera eksekusinya sesegera mungkin," Ujarnya.

Ia menegaskan bahwa APBN akan terus mendukung transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Maju. Hal tersebut dilakukan melalui pembangunan pondasi kualitas SDM, infrastruktur, dan reformasi lainnya. APBN juga akan terus menjaga stabilitas sosial ekonomi dan mendukung berbagai program prioritas nasional.

“ Kami mengharapkan DIPA Kementerian/Lembaga dan Daftar Alokasi TKD tahun 2024 segera dapat ditindaklanjuti, sehingga APBN 2024 dapat terlaksana segera pada awal tahun, dan masyarakat serta perekonomian langsung dapat merasakan manfaatnya”, Ungkapnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -