Berita

Kemenag Kotabaru Gelar Tasyakuran Dan Do’a Bersama Atas Kelancaran Jemah Haji Tahun 2024

Senin, 12 Agustus 2024 11:42 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) - Kantor kementerian agama (Kemenag) kabupaten Kotabaru melalui seksi penyelenggara haji dan umroh (PHU) menggelar kegiatan tasyakuran dan do’a bersama atas suksesnya pelaksanaan ibadah haji tahun 1445 H / 2024 M, Senin (12/08/2024) di Masjid Miftahul Jannah Kotabaru.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Kotabaru H. Ahmad Kamal menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena ibadah haji tahun ini berlangsung dengan lancar. Seluruh jamaah haji kita dapat menunaikan ibadah dengan baik dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat,” ucap Kamal.

Kamal menegaskan pelaksanaan haji tahun 2024 berjalan dengan sangat baik, bahkan mungkin lebih sukses dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dimana katanya berbagai perbaikan dan inovasi yang diterapkan tahun ini telah membuahkan hasil yang positif.

“Semua perbaikan dan inovasi telah dilakukan kemenag dengan tujuan agar seluruh jamaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lebih khusyuk dan nyaman,” Ujarnya.

Adapun faktor kunci kesuksesan tersebut, lanjut Kamal, karena adanya peningkatan koordinasi antara Kemenag, pemerintah Arab Saudi, dan berbagai instansi terkait. Selain itu, pelatihan yang lebih intensif bagi petugas haji dan penggunaan teknologi canggih dalam pengelolaan data jamaah turut berkontribusi pada keberhasilan ini.

Kamal melanjutkan, dalam jumlah kasus kesehatan data menunjukkan penurunan drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, berkat program kesehatan dan kesiapan medis yang lebih baik. Adapun pengaturan transportasi dan akomodasi jamaah di Tanah Suci juga berjalan tanpa hambatan berarti.

“Dari segi pelayanan, logistik, hingga kesehatan keselamatan jamaah, semuanya berhasil kemenag kelola dengan sangat baik, bahkan tercatat berbagai banyak pencapaian yang luar biasa dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini,” ungkap Kamal.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Seketaris Daerah Kabupaten Kotabaru, H. Said Akhmad mewakili Bupati Kotabaru menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kelancaran ibadah haji jemaah Kotabaru tahun ini. 

Selanjutnya Said berharap agar para jemaah haji dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat sekitar, peduli dengan lingkungan sekitarnya, santun dalam berkata dan berbuat serta membawa nilai-nilai kebaikan yang diperoleh selama menunaikan ibadah haji.

“Setelah menjalani ibadah haji yang penuh makna, kami berharap para jamaah dapat menerapkan dan menyebarkan nilai-nilai positif yang mereka peroleh di Tanah Suci. Ini termasuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar, kesantunan dalam berkata dan berbuat, serta menjaga hubungan baik dengan sesama,” tandas Said.

Kegiatan Tasyakuran suksesnya penyelenggaran ibadah haji Indonesia tahun 2024 ini dirangkai dengan pembacaan surah yasin dan do’a untuk mendo’akan para jemaah haji yang telah wafat selama musim haji 2024.

Hadir dalam Kegiatan tersebut  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, Sekretaris Daerah Kotabaru, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kab. Kotabaru, Ketua IPHI, Ketua Baznas Kotabaru, perwakilan SatPol PP, Petugas haji kloter 13 dan 18 serta seluruh jemaah haji Kabupaten Kotabaru.

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -