Berita

Kemenag Kotabaru Bersama LPTQ Kotabaru Meninjau Persiapan Venue Kegiatan MTQ di Pulau Sebuku

Senin, 2 September 2024 13:15 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Bahrinnudin, S.Ag bersama pengurus Lpembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kotabaru meninjau venue persiapan pelaksanaan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) Nasional ke 55 Tahun 2025 di Kecamatan Pulau Sebuku.

Dalam keterangannya Kasi Bimas Islam Kemenag Kotabaru Bahrinnudin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut dari rapat internal pengurus LPTQ dan Kemenag Kotabaru terkait dengan penunjukkan Pulau Sebuku sebagai tuan rumah MTQ Tk.Kabupaten Kotabaru Tahun 2025.

“ Sesuai arahan dari Ketua Umum LPTQ sekaligus Sekda Kotabaru yang menghendaki untuk lancar dan suksesnya kegiataan MTQ, maka perlu peninjauan tahap awal untuk memastikan kesiapan Pulau Sebuku sebagai tuan rumah MTQ yaitu tempat lokasi venue-venue tempat kegiatan MTQ”, Kata, Sabtu (31/08/24) di Lapangan venue panggung Utama MTQ Desa Sei Bali.

Menurutnya MTQ adalah Musabaqah tahunan yang menampilkan keahlian dan bakat para perangkat Quran. Musabaqah ini diadakan pada berbagai tingkatan, mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Peserta bersaing dalam kategori yang berbeda, termasuk bacaan, penghafalan, dan interpretasi Quran.

"MTQ bukan hanya sebuah kompetisi tetapi juga sebuah kesempatan bagi umat Muslim untuk berkumpul, belajar, dan mengapresiasi nilai-nilai Quran”, Ucapnya.

Selama kunjungan tersebut, Kasi Bimas Islam dan pengurus LPTQ Kotabaru bertemu dengan para perangkat Kecamatan tokoh agama dan menyatakan apresiasi mereka atas kerja keras dan dedikasi mereka. Mereka juga menekankan pentingnya acara ini dalam mempromosikan nilai-nilai Quran dan memperkuat persaudaraan antara umat Muslim di seluruh Indonesia.

Dengan berpartisipasi dalam acara ini, kita dapat memperkuat iman kita dan membangun persaudaraan yang kuat di antara Muslim khususnya di Kabupaten Kotabaru”, Ujarnya.

Ditambahkan dari hasil pantauan Kemenag dan tim LPTQ bahwa ada 8 tempat yang direkomendasikan untuk dijadikan venue kegiatan MTQ diantaranya Lapangan Sepak Bola Desa Sei Bali, Masjid Al Istiqomah, Masjid Ar Rahman, Halaman Kantor Camat Pulau Sebuku, Serta bangsal SMAN 1 Pulau Sebuku, SMPN 1 Pulau Sebuku dan SDN Pulau Sebuku.

“ Mudah-mudahan dengan adanya rekomendasi LPTQ dan Kemenag Kotabaru, pihak penyelenggara segera melaporkan kepada Sekda Kotabaru selaku Ketua Umum LPTQ Kotabaru dan Bupati selaku pimpinan daerah untuk memastikan jadwal pelaksanaan MTQ Tk.Kotabaru”, Pungkasnya.

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -