Berita

Kasubbag TU Tekankan Satker Pacu Realisasi Anggaran Sesuai Target

Senin, 18 Maret 2024 08:10 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr. H. Akhmad Ismail Fahni, S.E., M.Si menekankan kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Bendahara pada Satuan Kerja (Satker) di lingkup Kantor Kemenag Kotabaru untuk terus memacu realisasi anggaran berdasarkan target yang sudah ditetapkan dari Kementerian Agama Pusat.

“Mari PPK dan Bendahara pada masing-masing satker untuk terus memacu realisasi dan serapan anggarannya sesuai dengan target yang sudah direncanakan, ditetapkan, dan dirancang di tahun 2023 ini,”ujarnya.

Hal itu Kamal ungkapkan saat memberikan arahan pada rapat rencana kegiatan dan realisasi anggaran pada triwulan I Tahun 2024 bersama para PPK dan Bendahara satker Kantor Kemanag kabupaten Kotabaru, Jum’at (15/03/2024) di ruang kerjanya.

Fahni mengingatkan para PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dan Bendahara untuk selalu disiplin dalam target pencapaian pelaksanaan anggaran di satuan kerja masing-masing.

“Serapan anggaran tidak mencapai 75% sampai dengan semester II, maka akan direlokasi secara otomatis oleh Biro Perencanaan Kementerian Agama, kecuali yang berkaitan dengan penyerapan anggaran yang secara prinsipnya direalisasikan berdasarkan progres pelaksanaan kegiatan, seperti PNBP dan SBSN,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan untuk mengelola anggaran se-optimal dan se-maksimal mungkin dan di atur dengan baik sesuai petunjuk teknis (juknis), termasuk tunjangan Guru, BOS, PIP dan program-program sejenisnya.

“Perhatikan juknis dalam setiap tindakan, jika pengelolaan keuangan berpedoman juknis yang diterbitkan oleh eselon 1 dengan baik, maka pencairan anggaran tidak memiliki risiko disalahkan dalam melaksanakan ketentuan dalam kegiatan,” tegasnya.

Kepada jajarannya Ka.Kankemenag meminta agar hal ini harus diperhatikan dengan serius, karena ini merupakan perintah dari Menteri Agama. “Jangan sampai ada satuan kerja kekurangan anggaran karena kena dengan kebijakan anggaran yang ditarik ke pusat, sehingga di anggap tidak mampu direalisasikan.” tandasnya.

“Saya harap bulan- bulan berikutnya akan selalu kita adakan rapat seperti ini, agar realisasi anggaran terus selalu terpantau pada masing-masing satker”harapnya. 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -