Berita

Kasubbag TU : LPTQ Mempunyai Peran Yang Krusial Dalam Syiar dan Perkembangan Mental Spritual Umat Islam

Sabtu, 20 April 2024 09:32 WIB
  • Share this on:

Tapin (Kemenag Ktb) – Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Akhmad Ismail Fahni, SE,M.Si mengatakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) mempunyai peran yang sangat krusial dalam syiar dan perkembangan mental spritual umat Islam.

“ Peran krusial LPTQ, tidak hanya sebagai wadah pengembangan Tilawatil Qur’an, tetapi juga sebagai sarana syiar agama Islam dan pembinaan mental spiritual umat”, Katanya, Usai menghadiri dan mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (18/04/24) di Pendopo Galuh Bastari Rantau Kabupaten Tapin.

Menurutnya Eksistensi LPTQ bukan hanya sebagai wadah pengembangan baca tulis Al-Qur’an namun sejatinya juga merupakan sarana yang sangat potensial untuk mensyi’arkan serta sebagai pengembangan bina mental umat Islam.

“ Terlebih di Era Digitalisasi sekarang ini, tentunya tantangan LPTQ semakin berat dalam melahirkan Qori dan Qoriah yang cakap dalam baca Tulis Al-Qur’an”, Ucapnya.

Lebih lanjut, H.Fahni menambahkan bahwa melalui kegiatan rakerda ini juga diharapkan sebagai sarana evaluasi kegiatan LPTQ selama ini, evaluasi bukan berarti sebuah kegagalan, tetapi merupakan upaya untuk terus menjadi lebih baik lagi dari keadaan sekarang. Evaluasi di tahun 2024 ini agar mendapatkan masukan, dalam perjalanan pada 2025.

“Pengurus LPTQ harus bekerja cepat, profesional, dan mandiri, serta memegang teguh prinsip keikhlasan dan kebersamaan, selain itu, LPTQ juga harus melakukan penataan kelembagaan dan peningkatan kualitas pengurus setiap tahunnya,” Tambahnya.

H.Fahni juga menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi antara Pemprov Kalsel, LPTQ dan berbagai pihak terkait lainnya dalam mendukung keberhasilan program-program pengembangan tilawatil Quran di Bumi Babussalam (Kalsel).

“"Kita perlu tekankan pengembangan dan kecintaan terhadap Al Quran adalah tanggung jawab kita semua," Pungkasnya.

Sementara itu Ketua LPTQ Kabupaten Kotabaru Drs.H.Zulkkifli BT menjelaskan bahwa kegiatan Rakerda LPTQ ini merupakan persiapan dalam menghadapi MTQN Tk.Provinsi Kalimantan Selatan XXXV Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 April s.d 03 Mei 2024 di Kabupaten Tapin.

“Diharapkan dengan Rakerda ini, LPTQ Kalsel dapat memperkuat koordinasi dan sinergi antar pengurus LPTQ di seluruh Kalsel, sehingga dapat mendukung pelaksanaan MTQ Nasional ke-35 di Tapin dengan sebaik-baiknya,” Jelasnya.

Sebelumnya Kasubbag Bina Mental Bagian Kesra Setda Kotabaru Agustini, S.Sos dalam keterangannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru terus mendukung program Keagamaan salah satunya LPTQ maka melalui raakerda ini diharapkan dapat menjadi sebuah silaturahmi yang menghasilkan ide, gagasan, serta pemikiran-pemikiran inspiratif, inovatif, bahkan progresif yang terkonsep secara jelas dalam meningkatkan kinerja LPTQ khususnya LPTQ Kotabaru.

"Kita dari Pemkab Kotabaru berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya demi meningkatkan kualitas keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga akan dapat membumikan Al Quran di Kabupaten Kotabaru," Tegasnya.

Rakerda LPTQ Prov.Kalsel dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Prov.Kalsel Ir.Roy Rizali Anwar, ST,MT yang juga selaku Ketua Umum LPTQ Prov.Kalsel dan dihadiri oleh Ka.Kanwil Kemenag Kalsel, PJ.Bupati Kabupaten Tapin serta 123 utusan pengurus LPTQ provinsi, Kabupaten/Kota se-Kalsel serta Kementerian Agama ini, membahas berbagai materi terkait penguatan kader dan kebijakan Kementerian Agama dalam mendukung penyelenggaraan MTQ. (Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -