Berita

Kasubbag TU Harap Jemaah Haji Kenal Tahapan Berhaji melalui Manasik Haji.

Senin, 22 April 2024 09:44 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag KTB) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Kotabaru Dr. H. Akhmad Ismail Fahni., S.E., M.Si mengharapkan Jemaah Haji (JH) 1445 H/ 2024 M mengenal Tahapan berhaji melalui manasik haji.

"Dengan diadakannya kegiatan ini bapak dan ibu Jemaah Haji akan mengenal dan memahami tahapan kegiatan-kegiatan dalam berhaji," katanya saat memberikan materi pada kegiatan Bimbingan manasik Haji bagi Jemaah haji kab. Kotabaru Tahun 1445 H/ 2024 M di Aula Dojo Kodim 1004/Kotabaru. Minggu (21/04/2024)

Fahni mengatakan, manasik haji bertujuan untuk membekali jemaah haji tentang ilmu manasik sebelum berangkat ke tanah suci dan menjadi awal dari proses mempersiapkan fisik dan mental jemaah haji.

Lanjutnya, selain sebagai bekal bagi JH asal Kotabaru, manasik haji juga diharapkan mampu meningkatkan wawasan secara luas yang pada akhirnya menjadikan penyelenggaraan haji berjalan sukses sesuai yang diharapkan.

"Manasik haji ini merupakan bekal bagi jemaah haji untuk memperluas wawasan pemahaman manasiknya," ujarnya.

Melalui Manasik haji, lanjut Fahni, Jemaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, seperti rukun haji, persyaratan, hal wajib, hal yang disunahkan, maupun hal-hal yang dilarang selama pelaksanaan ibadah haji. Latihan ini tak hanya teori, namun dipraktikkan semirip mungkin dengan situasi di Arab Saudi.

“Manasik haji adalah simulasi haji sebelum benar-benar melaksanakan ibadah di Makkah. Waktu pelaksanaannya dipersingkat karena hanya sebagai latihan. Selain bagi jemaah calon haji, manasik haji juga biasa dilakukan anak sekolah sebagai bentuk pembelajaran mengenai rukun Islam yang kelima ini,”jelasnya lagi.

Sementara itu, kegiatan manasik haji tersebut diikuti oleh Jemaah haji Kotabaru kelompok II gabungan KUA Kecamatan Pulau Laut Utara, Pulau Laut Sigamdan Pulau Sebuku.

"Kami himbau kepada JH untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan manasik ini karena keberangkatan akan semakin dekat sehingga waktu kitapun juga harus dimaksimalkan,"  katanya. 

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -