Berita

Kasi Papkis Sebut MGMP Wadah Strategis Tingkatkan Kualitas Guru PAI

Kamis, 28 Maret 2024 13:07 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag ktb) – “Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan wadah strategis dalam meningkatkan kualitas Guru PAI,” tegas Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Kotabaru Dra. Hj. Siti Fatimah, M.M, saat menyerahkan SK MGMP SMP Kab. Kotabaru. Kamis (28/03/2024) di ruang kerjanya.

Fatimah mengatakan, Guru PAI harus selalu berkoordinasi, bekerjasama, saling bahu-membahu agar dapat melaksanakan program kerja yang telah dicanangkan sesuai target.

“Kegiatan ini harus bisa lebih meningkatkan kompetensi guru, kemudian mampu membuat program-program yang bertujuan untuk peningkatan profesionalitasnya sebagai tenaga pendidik, sehingga tercapailah tujuan pendidikan,” tuturnya.

Selain itu katanya, hendaknya MGMP ini nantinya dapat mewujudkan Pendidikan Agama Islam yang optimal sehingga mampu membentuk anak-anak generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlakul karimah.

Kasi PAPKIS mengharapkan kedepan dapat membentuk anak didik menjadi generasi yang tidak hanya cerdas secara fisik maupun batiniah, tetapi juga mempunyai kecerdasan emosional spiritual atau biasa disebut esq (emotional spiritual quotient), sehingga mereka menjadi generasi yang mampu mensikapi problematika tidak hanya dengan otak tetapi juga dengan rasa dan karsa, kearifan lokal dan juga dasar kehidupan beragama.

Kemudian, Ia menegaskan pentingnya profesionalitas dalam melaksanakan tugas, dimana menurutnya tugas guru PAI tidaklah semakin meringan, namun justru sebaliknya. Guru PAI tidak hanya dituntut untuk profesional ketika mengajar di kelas saja, namun kini banyak tugas tambahan yang menambah tanggungjawanya.

“Selain harus menguasai teknologi informatika untuk mendukung tugas dan fungsinya, guru PAI juga wajib berpartisipasi aktif sesuai bidang tugasnya dalam penguatan moderasi beragama di lembaga pendidikan sekolah umum. Setiap guru PAI berperan sebagai duta moderasi beragama di sekolah masing-masing,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Fatimah, Ketua MGMP SMP Kab. Kotabaru Rosita, S.Pd.I mengharapkan MGMP ini mampu mewujudkan visi dan misi organisasi yang mengayomi dan sarana pengembangan potensi Guru PAI.

“MGMP merupakan satu wadah yang sangat penting demi terwujudnya pola dan model pendidikan yang outputnya adalah dapat melaksanakan kegiatan secara rutin dan berjenjang dengan baik, sedangkan outcomenya menghasilkan pendidikan agama yang dapat menginspirasi anak didik untuk diaplikasikan dan diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

Editor:
Tina
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Tina
Fotografer:
Tina

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -