Berita

Kasi Bimas Islam Lakukan Monitoring Dan Pembinaan Perpustakaan Masjid

Rabu, 21 Agustus 2024 14:34 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (kemenag Ktb) – Dalam upaya memperkuat peran masjid sebagai pusat pendidikan dan pengetahuan, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru Bahrinnudin beserta staf melaksanakan monitoring dan pembinaan perpustakaan masjid, bertempat di masjid Al Istiqomah, Selasa (20/08/24).

Bahrin mengatakan, bahwa perpustakaan masjid yang digagas oleh Kemenag merupakan bagian dari upaya untuk memfungsikan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan, tidak hanya sebagai tempat ibadah.

“Perpustakaan Sumber Ilmu bagi Umat, ini adalah wujud nyata dari komitmen kemenag untuk menyediakan akses pendidikan yang lebih luas kepada masyarakat,” ujar Bahrin

Menurut Bahrin, Perpustakaan masjid adalah salah satu langkah konkret untuk memperluas akses masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, karena perpustakaan di masjid dapat menjadi sumber referensi yang kaya, terutama dalam bidang keagamaan

“Di Perpustakaan masjid ada banyak menyediakan koleksi buku yang bervariasi, mulai dari kitab-kitab klasik, buku sejarah Islam, hingga literatur umum. Selain itu, terdapat pula ruang baca yang nyaman dan terbuka bagi siapa saja yang ingin membaca atau belajar di lingkungan masjid,” ucap Bahrin.

Bahrin pun menyampaikan harapan agar masyarakat memanfaatkan fasilitas perpustakaan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan

“Kami berharap dengan adanya perpustakaan ini, masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai sumber ilmu yang bermanfaat. Perpustakaan di masjid ini tidak hanya menyediakan koleksi buku agama, tetapi juga literatur umum yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat,” harap Bahrin.

Sementara takmir masjid masjid Al Istiqomah, Kamaruz Zaman mengatakan bahwa perpustakaan ini terbuka untuk umum dan berharap agar masyarakat memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya. “Kami mengundang seluruh masyarakat untuk datang, meminjam buku, dan menjadikan perpustakaan ini sebagai sumber ilmu yang dapat diandalkan,” kata [Nama Pengelola].

Selain itu Kamaruz  juga mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kunjungan yang dilakukan oleh pihak Kemenag untuk meninjau perpustakaan masjid. Kunjungan ini katanya merupakan bentuk dukungan dan perhatian Kemenag terhadap pengembangan perpustakaan sebagai pusat pendidikan dan literasi umat.

"Kami berharap dengan adanya dukungan dari Kemenag, perpustakaan ini bisa lebih berkembang dan semakin bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga mengundang masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini dan berpartisipasi dalam kegiatan literasi yang kami selenggarakan,” pungkasnya

Editor:
Ulis
Kontributor:
Ulis
Penulis:
Ulis
Fotografer:
Ulis

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -