Berita

Kamad MTsN 1 Buka Secara Resmi Implementasi P5

Kamis, 26 Oktober 2023 09:33 WIB
  • Share this on:

Kotabaru ( MTsN 1 Kotabaru) - Kepala madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kotabaru H.Adi Rosadi, S.Ag,MM  membuka secara resmi kegiatan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Senin (23/10/23) di Ruang Kelas MTsN 1 Kotabaru.

Dalam arahannya Kamad MTsN 1 Kotabaru H.Adi Rosadi mengatakan Pemerintah Indonesia meluncurkan P5 merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Program ini diluncurkan sebagai upaya untuk mendidik generasi muda Indonesia tentang pentingnya nilai-nilai sosial, moral, dan ideologi nasional yang tercermin dalam Pancasila.

“ Tujuan utama pembelajaran P5 adalah untuk membangun karakter dan kesadaran yang kuat terhadap nilai-nilai Pancasila. Dipercaya bahwa melalui pemahaman yang mendalam tentang Pancasila, pelajar akan menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat” Katanya.

Menurutnya pada Tahun pelajaran 2023/2024, MTsN 1 Kotabaru telah memulai melaksanakan penerapan P5 yang dilaksanakan pada tanggal 23 – 28 Oktober dan tanggal 6-14 November 2023. Pada Tahap pertama ini kegiatan P5 mengangkat tema untuk kelas 7 semester 1 , Tema 1: Bangunlah jiwa dan raga / Perundungan. Tema 2: Kearifan lokal. Untuk kelas 8, tema 1: Gaya hidup berkelanjutan. Tema 2; Kewirausahaan.

“ P5 ini merupakan pembelajaran yang baru yang memberikan pengamalan yang baru juga baik bagi tenaga pengajar maupun siswa yang mengikutinya”, Ucapnya.

Ditambahkannya bahwa untuk tahap awal pertama ini siswa yang mengikuti kegiatan P2 terdiri dari siswa dan siswi Kelasa 7 A dan Kelas 7B, harapan kita semua untuk siswa yang mengikuti dapat memahami tentang Pancasila serta mendorong siswa dan siswi menerapkan dan mengimplementasikan nilai-nilai  P5 dalam kehidupan sehari-hari.

“ Karena program P5 akan menciptakan bagi siswa dan siswi peduli terhadap lingkungan luar dan budi pekerti berdasarkan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila”, Tambahnya.

Ia berharap bahwa kegiatan implementasi P5 ini memberikan nuansa yang baru bagi pendidikan khususnya di MTsN 1 Kotabaru.

“ Ikuti kegiatan P5 dengan aktif serta terapkan ilmu yang diberikan dari pengamalan-pengamalan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan baik di Rumah maupun bermasyarakat”, Pungkasnya.(Rep/Ft:Humas MTsN 1 )

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -