Berita

Ka.Kemenag Pinta Madrasah Penerima BKBA Untuk Pahami Juklak dan Juknis Pengeleloaan Anggaran

Kamis, 9 November 2023 19:49 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag meminta kepada madrasah yang menerima bantuan dari Bank dunia berupa Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi (BKBA) untuk peningkatan mutu pendidikan madrasah untuk mempelajari petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak dan juknis) terkait dengan penggunan bantuan tersebut.

“ Setiap madrasah yang menerima BKBA dalam pengelolaan anggarannya harus sesuai dengan ketentuan juklak dan juknis yang telah ditetapkan”, Pintanya, Selasa (07/11/23).

Dikatakannya BKBA merupakan Project Management Unit (PMU) Kemenag RI yang telah memfasilitasi bantuan dari pihak Bank Dunia dalam rangka peningkatan mutu pendidikan khususnya dibawah naungan Kementerian Agama.

“Bantuan Afirmasi bertujuan untuk memberi bantuan bagi madrasah yang paling membutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas madrasahMadrasah Reform atau Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) menjadi salah satu program Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag  RI untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan madrasah”, Ujarnya.

Diterangkannya BKBA diberikan sebagai penghargaan kepada madrasah yang telah menerapkan sistem perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik melalui penggunaan aplikasi e-RKAM dan memenuhi beberapa indikator kinerja yang ditetapkan. Sedangkan Bantuan Afirmasi (BA) diberikan kepada madrasah potensial yang (masih) berkinerja rendah untuk membantu mereka dalam percepatan pemenuhan SNP.

“ Untuk saat ini jumlah madrasah di Kotabaru yang telah mendapatkan bantuan BKBA sebanyak 12 madrasah, namun 3 yang masih dalam proses pencairan dana bantuannya”, Pungkasnya.

Selanjutnya Kamal berharap dengan adanya BKBA benar-benrar dapat memberikan kontribusi kepada madrasah untuk menghasilkan SDM yang berdaya guna dan berdaya saing serta mampu berkompentensi untuk menyongsong perubahan.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan terciptanya capaian kinerja madrasah dan membangun iklim yang kondusif bagi kompetensi untuk peningkatan kualitas madrasah”, Harapnya.(Rep/Ft:Aan).

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -