Berita

Ka.Kemenag Kotabaru Santri Berperan Sebagai Motor Penggerak Kemajuan Bangsa

Minggu, 22 Oktober 2023 10:55 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (KemenagKtb) – Dengan mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Kotabaru menggelar Upacara Hari Santri Nasional (HSN), di Halaman Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru, Minggu (22/10/23).

Kepala Kemenag Kotabaru H.Ahmad Kamal dalam keterangannya mengatakan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" yang diangkat pada peringatan Hari Santri kali ini, memiliki makna yang mendalam. Kata "jihad" dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

“Peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa,” terangnya, usai ditemui pada saat pelaksanaann Upacara Bendera HSN Tahun 2023.

Menurutnya peringatan Hari Santri mengingatkan kembali bagaimana umat Islam, ulama atau kiai, dan santri berjuang dengan hukumnya wajib dan fardu kifayah untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 dengan terjun di medan laga.

" Umat Islam dan para santri membela Negara di medan laga setelah Rais Akbar NU Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari mendeklarasikan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Selanjutnya tanggal 22 Oktober dijadikan Hari Santri oleh Pemerintah ", Ujarnya.

Sebagai santri, lanjut Kamal tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari. Hari Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini.

“ Sebagai generasi penerus, kita harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum”, Ucapnya.

Kamal menegaskan santri harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan.

“ Bersama-sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan” Tegasnya.

Kamal mengajak para santri bersama-sama menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks. Di tengah dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat.

Sebab, diakui atau tidak, santri saat ini dihadapkan pada situasi yang lebih berat dengan adanya perubahan global yang begitu masif.

“Mari, kita jadikan Hari Santri Nasional menjadi momentum untuk berbenah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) santri untuk menjawab dan menghadapi tantangan, serta perubahan-perubahan global.” Pungkasnya.

Sebelumnya pada sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Asisten I Setda Kotabaru H.Minggu Basuki menyampaikan bahwa Hari Santri Nasional memiliki arti, makna dan filosofi yang bukan hanya diperingati secara euforia atau seremonial belaka, tetapi menjadi momentum untuk refleksi yang kemudian menjadikan dasar refleksi itu untuk berbenah dan terus meningkatkan kualitas santri demi kemajuan bangsa.

Hari santri mengingatkan kita kembali akan pentingnya peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini. Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk Kemerdekaan Indonesia.

“Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan, Semangat jihad mereka dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut kita teladani” Pungkasnya.

Turut berhadir pada upacara bendera HSN diantaranya Asisten I Setda Kotabaru, Kabag Kesra Setda Kotabaru, para pejabat dan ASN lingkup Kemenag Kotabaru, para Guru Madrasah, Ketua dan anggota DWP Kemenag Kotabaru, para pimpinan Bank, para pimpinan pondok pesantren se Kabupaten Kotabaru, Ketua PCNU Kotabaru, Ketua Banser Kotabaru, Ketua Muhamadiyah Kotabaru, MUI Kotabaru, FKUB Kotabaru, Ketua Baznas Kotabaru, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -