Berita

Ka.Kemenag Kotabaru Pinta LPTQ dan Panitia Daerah Agar Bersinergi Suksesnya MTQN Tingkat Kabupaten Kotabaru

Senin, 5 Pebruari 2024 08:14 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag meminta kepada jajaran pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kotabaru bersama Panitia Daerah Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 54 Tingkat Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 yang dilaksanakan di Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar mulai mempersiapkan dan memastikan secara bertahap perencanaan kegiatan tersebut.

“ Sinergi dan koordinasi harus terus dibina antara LPTQ Kotabaru dan Panitia Daerah dalam mempersiapkan segala sesuatu sampai tahap pelaksanaan MTQ dimulai”, Katanya, saat memimpin rapat koordinasi KanKemenag Kotabaru, LPTQ Kotabaru dan Panitia Daerah MTQN ke 54 Tingkat Kabupaten Kotabaru, Sabtu (03/02/24) di Aula Rapat Kantor Camat Pulaulaut Tanjung Selayar.

Dalam rakor tersebut, H.Kamal menekankan pentingnya mempersiapkan acara ini dengan baik dan memastikan seluruh persyaratan bertahap dapat terpenuhi. Salah satunya adalah mengenai anggaran hibah yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kotabaru kepada Panitia pelaksana, dimana Hibah dari Pemda informasi yang didapat terdapat pada anggaran LPTQ Kotabaru.

“ Segera lakukan koordinasi dan konsultasi terkait tata cara pencairan dana hibah kepada Pemda Kotabaru selanjutnya sususun draft pekerjaan-pekerjaan dalam suksesnya pelaksanaan MTQ nantinya”, Ucapnya.

Kepala Kemenag Kotabaru juga mengharapkan adanya sinergitas yang kuat antara semua pihak terkait dalam mempersiapkan kegiatan MTQ ini, seluruh peserta dan masyarakat diharapkan dapat merasakan pentingnya memperdalam pemahaman Al-Qur'an dan merasakan keindahan dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an.

“ Dengan adanya rakor ini, diharapkan pengurus LPTQ Kotabaru dan panitia daerah bahwa dapat mempersiapkan acara dengan matang dan pelaksanaan MTQ berjalan dengan baik, terlebih untuk masyarakat Tanjung Selayar yang dapat menjadi pengalaman tak terlupakan dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an”, Pungkasnya.

Sementara itu Camat Pulaulaut Tanjung Selayar Bahruddin, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada pengurus LPTQ Kotabaru dan jajaran Kemenag Kotabaru yang dengan sigap langsung menggelar rakor pelaksanaan MTQ Tk.Kabupaten Kotabaru setelah pihaknya dipercayakan oleh Bupati Kotabaru sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan MTQ pada Tahun 2024 ini.

Ia mengaku pihaknya perlu mendapat bimbingan dan arahan dari Kemenag Kotabaru maupun LPTQ Kotabaru terkait dengan persiapan apa saja yang diperlukan untuk menunjang suksesnya penyelenggaraan MTQ Tk.Kabupaten Kotabaru.

“ Terlebih yang biasayan kegiatan MTQ seyogyanya dilaksanakan pada akhir tahun dimajukan menjadi diawal tahun ini yang diperkirakan pelaksanaanya di Bulan Mei sehingga perlu persiapan yang cukup singkat,

Sebelumnya Ketua Umum LPTQ Kotabaru Drs.H.Said Akhmad, MM yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotabaru dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ketua I LPTQ Kotabaru Drs.H.Zulkifli BT mengatakan untuk MTQ Tanjung Selayar ini hibah anggaran ada di kegiatan LPTQ Kotabaru, jadi untuk pencairan dana hibah tersebut panitia MTQ Tanjung Selayar harus melengkapi beberapa syarat administrasi diantaranya SK Kepanitiaan, RAB kegiatan, rekomendasi dari Kementerian Agama dan syarat administrasi lainnya.

“ Agar pihak panitia daerah khususnya yang menangani keuangan dapat segera melengkapi berkas-berkas tersebut karena proses pencairan dana hibah segera terealisasi dan panitia sudah dapat bergerak khususnya dalam panggung utama MTQ”, Katanya.

LPTQ Kotabaru, lanjut H.Zulkifli telah menyiapkan tim kerja dalam memberikan pengarahan dan pembinaan kepada panitia daerah agar pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“ Untuk tim kerja LPTQ Insya Allah akan dibentuk sebagai bentuk pertanggungjawaban LPTQ kepada panitia daerah yang tugas utamanya memberikan arahan dan pembinaan terkait dengan pelaksanaan MTQ serta pendaftaran peserta yang akan dilaksanakan secara online”, Pungkasnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -