Berita

Ka.Kemenag Kotabaru : Peran FKUB Dalam Dalam Menyukseskan Pemilu Serentak Sangatlah Penting

Kamis, 12 Oktober 2023 13:58 WIB
  • Share this on:

Kotabaru (Kemenag Ktb) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.KanKemenag) Kabupaten Kotabaru Dr.H.Ahmad Kamal, S.HI,M.Ag mengatakan Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menyukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2023 sangatlah penting, karena FKUB merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki bangsa dan negara ini dan tidak dimiliki bangsa lain.

“ Peran FKUB dalam menyukseskan pemilu dan pilkada serentak sangat penting, untuk itu penyelenggara pemilu harus berkolaborasi dengan FKUB yang ada masing-masing daerah seluruh Indonesia”, Ucap Ka.Kemenag Kotabaru, ditemui usai menghadiri rapat koordinasi pengurus FKUB Kotabaru dan Pemerintah Daerah, Rabu (11/10/23) di ruang rapat Merah Putih Kesbangpol Kotabaru.

Menurutnya FKUB dari waktu ke waktu sudah membuktikan diri menjadi salah satu pilar yang mengelola harmonisari kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Segala bentuk benih-benih yang bisa menyebabkan perpecahan antar masyarakat, antar umat, kita harus buang sejauh mungkin tidak ada negoisasi, tidak ada kata pemakluman, pemahaman untuk segala bentuk yang bisa buat terpecah belah,” Ucapnya.

Ka.Kemenag juga menambahkan, FKUB punya peranan penting dalam hal ini bagaimana agar seluruh umat, seperti yang sudah-sudah hidup dalam kedamaian, kerukunan dalam bingkai NKRI Bhinneka Tunggal Ika. 

“Kami dari pemerintahan masih banyak kurangnya, terimakasih yang sebesar-besarnya FKUB setia menjalankan tugas dengan tanpa pamrih, tanpa fasilitas yang memadai, dengan perhatian yang memadai", pungkasnya.

Kamal melanjutkan peran FKUB sangat penting untuk menjaga kerukunan masyarakat. Karena itu, kolaborasi dan sinergi FKUB dengan Pemerintah baik dari Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah serta ormas keagamaan lainnya dalam menciptakan harmonisasi kerukunan umat beragama diharapkan bisa terus terjalin.

“ Kementerian Agama akan terus bersinergi dengan FKUB dan lembaga keagamaan untuk menjaga kondisifitas harmonisasi hubungan umat beragama terlebih saat kondisi pemilu dan pilkada serentak tahun depan”, Ungkapnya.

Sementara itu Ketua FKUB Kotabaru KH.Muchtasar dalam keterangannya mengatakan bahwa mengatakan untuk menciptakan kerukunan nasional, khususnya di Kabupaten Kotabaru diperlukan kerukunan antar umat beragama.

"Maka diharapkan terciptanya harmonisasi kerukunan umat beragama terlebih menjelang event politik agar tetap aman dan nyaman. Terutama diharapkan tidak ada gesekan-gesekan agama, karena gesekan agama itu paling sekali untuk memberikan emosi terhadap umatnya," Ujarnya.(Rep/Ft:Aan)

Editor:
Aan
Kontributor:
Kantor Kemenag
Penulis:
Aan
Fotografer:
Aan

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -